Selasa, 15 November 2016 - 08:40:24 WIB
Khawatir Banjir, Petani di Kota Jambi Tunda Tanam Padi
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 479 kali

Mediajambi.com - Terkait tingginya curah hujan di Kota Jambi yang mengakibatkan naiknya debit sungai Batanghari.  Petani padi Kota Jambi memutuskan untuk menunda penanaman padi tahap kedua tahun 2016. Hal Ini juga mengantisipasi dampak banjir karena dibeberapa titik sering terjadi banjir saat hujan turun.

Hal ini diungkapkan oleh Irwansyah, Kepala Dinas Pertanian,Peternakan, Perikanan & Kehutanan kota Jambi bahwa petani memutuskan untuk menunda penanaman padi.

"Ini juga salah satu cara untuk mengantisipasi banjir akibat curah hujan yang tinggi yang juga mengakibatkan peningkatan debit air sungai batanghari,"ujarnya saat ditemui, Senin (14/11)

Namun menurut Irwansyah,sejauh ini tidak ada kerugian yang dialami oleh petani karena tingginya curah hujan saat ini.

"Alhamdulillah para petani baru selesai panen sehingga tidak ada kerugian,"ujarnya.

Kawasan yang baru saja panen diantaranya kecamatan pelayangan,danau tekuk,telanai,dan Jambi timur. "Ada sekitar 1200 hektar yang sudah dipanen,"ujarnya.

Dikatakan Irwansyah bahwa ada beberapa kawasan yang petaninya menunda penanaman padi. Diantaranya kawasan Telanai, Danau Teluk dan sebagian pelayangan dan sebagian Jambi Timur.

 

"Ada 700 hektar yang tertunda. Seharusnya sudah tanam bulan November dan Desember. Karena khawatir banjir kita tunda. mungkin sampai Januari bisa ditanam," bebernya.

Lalu, bagaimana terget hasil tanam dalam satu tahun, Dikatakannya saat ini ada beberapa tempat yang panen dua kali, namun ada juga yang panen hanya satu kali dalam setahun. "Satu kali tanam hasilnya sekitar 7000 ton per tahun. kalau 2 kali jadi 14000 ton per tahun,"bebernya.

Penundaan masa panen itu guna mengantisipasi kerugian akibat gagal panen. Hal ini kerap terjadi karena sebagian besar pertanian di Kota Jambi berada di sepanjang DAS Batanghari. Sehingga, jika Sungai Batanghari meluap, sawah petani bisa kebanjiran.(yen)