Selasa, 15 November 2016 - 15:45:03 WIB
Asosiasi IUMKM Akumandiri Jambi Dikukuhkan
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Usaha - Dibaca: 713 kali

Mediajambi.com - DPW Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Akumandiri Jambi periode 2016-2021 dikukuhkan. Pelantikan dilakukan Ketua Umum DPP IUMKM Mandiri, Hermawati Setyorinny di Gedung KONI Provinsi Jambi, Selasa (15/11).

Ketua IUMKM Akumandiri Jambi Yos Sumarsono mengatakan organisasi ini sangat diperlukan untuk menampung aspirasi dan mewadahi segala keluhan serta pengembangan UMKM. Sebab diakuinya IUMKM butuh pendampingan intensif agar bisa menjadi mitra sejajar pemerintahan guna meningkatkan kualitas dan daya saingnya.

"Apalagi saat ini sudah era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Mau tidak mau, siap tidak siap, segala sektor usaha harus mampu bersaing di level ASEAN," tuturnya.

Guna memeriahkan pelantikan juga dibula bazar IUMKM. "Ada sebanyak 40 stan yang ikut dalam bazar tersebut,"katanya lagi. Keempat puluh stan yang akan ikut dalam bazar tersebut berasal dari berbagai bidang usaha. Mulai dari kuliner, usaha pertanian, peternakan, perikanan hingga kosmetika akan ikut dalam pameran.

"Ya, mulai dari makanan kecil seperti keripik, batik hingga kosmetik turut dalam bazar ini,"imbuhnya.

“Banyak para pelaku usaha mikro dan kecil menengah sulit mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah. Misalnya sertifikasi, dana KUR (Kredit Usaha Rakyat-red). Oleh karena itu assosiasi ini menjadi wadah yang menjembatani antara para pelaku usaha dengan pemerintah baik di pusat maupun daerah,” ujar Ketua Umum DPP Assosiasi IUMKM Akumandiri, Hermawati Setyorinny.

Menurutnya, Akumandiri dapat menjadi wadah bagi pelaku UKM yang juga dipercaya untuk ikut memfasilitasi sertifikasi bagi UKM. Kehadirannya merupakan asosiasi profesi yang bersifat independent non profit.

Selama ini, lanjutnya, yang menjadi kendala rendahnya minat pelaku UKM untuk sertifikasi karena dinilai mahal, dan harus menunggu beberapa waktu lamanya. Keberadaan Akumandiri cukup membantu UKM untuk bisa mengukur kompetensinya dalam berwirausaha, dan meyakinkan bahwa dia memang pelaku UKM.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Gubernur H Husni Jamal, pihak Perbankan, sejumlah SKPD terkait dan UMKM yang ada di Kota Jambi. (mas)