Sabtu, 04 Februari 2017 - 11:59:40 WIB
Universitas Jambi Raih Penilaian Kinerja Klasifikasi A
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 313 kali

Mediajambi.com - Universitas Jambi (Unja) mendapat penilaian kinerja klasifikasi A dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) untuk semester II tahun 2016.  "Nilai kinerja Unja semester II tahun 2016 masih mendapat penilaian 92,82, sedangkan capaian kinerja Unja kembali 100 persen," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra.

Peraihan nilai kinerja maksimal  itu, merupakan yang kedua kalinya diraih oleh Universitas Jambi di bawah kepemimpinan Rektor Prof Johni Najwan yang menjabat sejak 27 Januari 2016. Penilaian kinerja perguruan tinggi itu dirilis oleh Kementerian Riset Dikti setiap semester dan menjadi salah satu acuan dari pemetaan kinerja perguruan tinggi di Indonesia. "Ada sejumlah parameter dari penilaian itu, dan kami mendapat penilaian di atas 90 yakni masuk klasifikasi A," kata Akbar.

Penilaian itu antara lain dari sisi nilai kinerja anggaran dan nilai kinerja fisik yang digulirkan oleh setiap perguruan tinggi antara lain peningkatan layanan Tri Dharma perguruan tinggi seperti kerja sama berbasis penelitian dan pengembangan, dokumen pengembangan sistem tata kelola, kelembagaan dan SDM, sarana dan prasarana pembelajaran maupun aspek pengembangan sarana prasarana pendidikan.

Universitas Jambi yang kini berperingkat 30 di jajaran perguruan tinggi di Indonesia itu memiliki fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, peternakan, pertanian, kedokteran dan ilmu kesehatan, kehutanan dan ilmu keolahragaan serta program pascasarjana.

Untuk menunjang kegiatan yang berorientasi internasional Unja menjalin kerja sama di bidag akademis dan penelitian dengan perguruan tinggi di luar negeri seperti Shinsu University, Meiji University, Kyoto University Jepang. Kemudian Changhua University of Education Taiwan serta Darwin University.

Selain itu para peneliti dan dosen juga aktif mengisi jurnal internasional yang diterbitkan oleh terbitan berkala internasional. (mas)