Selasa, 14 April 2015 - 02:16:30 WIB
Pembangunan Jalan Kerinci Dianggarkan Rp82 Miliar
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 2374 kali

Mediajambi.com - Secara keseluruhan alokasi dana yang dianggarkan untuk menangani pekerjaan jalan dan jembatan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tahun anggaran 2015 senilai Rp82.164.845.000. Merupakan anggaran terbesar untuk infrastruktur jalan pada tahun 2015 ini. 

Adapun pekerjaan yang dilakukan berupa paket jalan batas Kerinci - Sanggaran Agung - Sungai Penuh, Jalan Kelok Sago - Lempur/Sanggaran Agung, Paket Jalan Siulak Deras - Batas Provinsi Sumatera Barat/Letter W, panjang 2,0 Km, Paket Jalan Sungai Penuh - Batas Provinsi Sumatera Barat (Tappan) dengan dana DAK,  panjang 7,5 Km, Paket Jalan Sungai Penuh - Batas Provinsi Sumatera Barat (Tappan) dengan dana APBD Murni, panjang 3,5 Km, Jalan Keliling Danau (Sanggaran Agung - Jujun - Sungai Penuh, Jujun - Lempur), panjang 2 Km. Penanganan Longsoran Jalan Bangko - Batas Kerinci - Sungai Penuh (5 titik) lokasi. Pembangunan Jembatan Tumbuk II sepanjang 15 meter yang berlokasi di Temiai.

Gubernur H Hasan Basri Agus mengatakan, dari awal menjadi Gubernur Jambi, dirinya sudah menetapkan pembangunan infrastruktur jalan sebagai prioritas utama pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi.

Dia mengharapkan ke depan jalan sarana produksi bisa dibangun, yakni jalan dengan rigid beton, jika jalan penghubung kecamatan dan kabupaten sudah selesai dibangun.  Selanjutnya, gubernur menstarter alat berat untuk pelaksanaan pelebaran jalan, yakni grader, sebagai tanda dimulainya pekerjaan pelebaran jalan ruas Sungai Penuh - Siulak Deras - Batas Provinsi Sumatera Barat.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal meminta masyarakat untuk mendukung pekerjaan pelebaran jalan, misalnya bersedia mengikhlaskan jika ada sedikit pagarnya yang kena, tanpa adanya keributan-keributan.

Jenis penanganan adalah pelebaran badan jalan dari existing sekarang lebar jalan 4,5 meter menjadi 7 sampai 9 meter sesuai existing yang ada, sepanjang 5 Km, mulai dari batas Kota Sungai Penuh/Simpang Blui ke arah Siulak Deras, dan selanjutnya diprogramkan setiap tahun akan dilakukan pelebaran badan jalan secara bertahap.(mas)