Kamis, 16 April 2015 - 00:11:57 WIB
Perdana Menteri Norwegia Bertemu Suku Anak Dalam
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 12706 kali

Mediajambi.com - Perdana Menteri (PM) Norwegia, Erna Solberg, didampingi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus meninjau Suku Anak Dalam (SAD) yang bermukim di  Desa Aur Chino, kecamatan Batin tiga Ulu, Kabupaten Bungo, Rabu  15 April 2015 sore.

Tujuan utama kunjungan PM Norwegia, , adalah untuk melihat langsung kondisi kehidupan SAD di kawasan itu. Serta melihat langsung kondisi hutan adat Bukit Panjang, Desa Senamat Ulu. PM Norwegia mendapat penjelasan dari KKI  Warsi Rudi shap mengenai keberadaan hutan adat Bukit Panjang. "Hutan adat ini dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat," ujarnya.

Setelah mendapat penjelasan panjang lebar tentang keberadaan hutan adat. Rombongan menuju tempat pemukiman SAD Desa Aur Chino dan bertatap muka secara langsung.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI Siti Nurbaya mengatakan kehadiran Pedana Menteri Norwegia bersama rombongan ingin melihat secara langsung Suku Anak Dalam dan mengetahui apa yang dihadapi.

Dikatakannya ada beberapa hal penting dari pembicaraan tersebut. Pertama masalah posisi lahan SAD merasa kesulitan dengan hadirnya beberapa perusahaan. "Ada tiga perusahaan dan saya sudah mengantongi nama perusahaan tersebut," ujarnya.

Permasalahan lainnya yaitu mereka kesulitan mencari makanan. Mereka menekankan untuk bisa bertani dan beternak karena kehidupan mereka sudah terjepit. Saat ini kata Menteri mereka mulai berpikir untuk hidu menetap dan tidak berpindah-pindah. "Solusi yang kita tawarkan yaitu agrofores, berburu masih dipertimbangkan," ungkapnya.

Kemudian mendorong SAD memelihara alam dan akan dilaporkan kepada Presiden. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberi bantuan kepada masyarakat yang marginal. Selanjutnya dia berharap adanya kerjasama dalam pembinaan dan pemberdayaan KAT.(mas)