Jumat, 10 Maret 2017 - 09:11:05 WIB
Walikota Jambi Penuhi Undangan Kementerian Luar Negeri Singapura
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 349 kali

Mediajambi.com - Walikota Jambi H Syarif Fasha disela-sela kunjungannya di Singapura juga mendapat kehormatan memenuhi undangan dari Kementerian Luar Negeri Singapura.

Rabu siang (8/3), Walikota Syarif Fasha bertemu langsung dengan Senior Minister of State, Ministry of Defence and Ministry of Foreign Affairs atau Menteri Negara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Singapura DR. Mohammad Maliki Osman.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih 1 jam itu kedua pejabat tersebut membicarakan tentang peningkatan kerjasama antara Permerintah Kota Jambi dengan Pemerintah Singapura.

Dalam pertemuan itu Walikota Jambi Syarif Fasha mengapresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Singapura yang telah memfasilitasi pelaksanaan pelatihan kompetensi ASN Pemerintah Kota Jambi di Singapura melalui Singapore Cooperation Programme.

Syarif Fasha mengatakan, stafnya merasa bermanfaat mengikuti pelatihan itu, karena format pelatihan dan bahan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dilapangan, serta juga didukung dengan pelatih yang profesional dan tidak membosankan.

Menurut Fasha pelatihan dengan Customized Training itu akan memberikan dampak yang signifikan dalam mengubah pola fikir para staff Pemerintah Kota Jambi.

"Tidak hanya mereka bisa menerapkan apa yang telah dilihat dan dipelajari selama di Singapura tapi mereka diharapkan mampu membawa perubahan menjadi lebih baik ketika kembali beraktifitas di instansinya," ujar Fasha.

Walikota Fasha juga berharap Pemerintah Singapura dapat pula membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua wilayah tersebut. Mengingat letak geografis Singapura yang tidak jauh dari Kota Jambi, terlebih dengan terbukanya akses karena pasar bebas.

Ia juga berharap potensi Kota Jambi dapat turut dipertimbangkan di pasar Singapura. Pertemuan tersebut juga membicarakan tentang peningkatan kerjasama dibidang pendidikan, pelayanan publik, tourism, perdagangan serta pertukaran seni dan budaya.

Sementara itu Menteri DR. Mohammad Maliki Osman, menyatakan siap membangun kerjasama tersebut. Terhadap kerjasama peningkatan kompetensi ASN yang sudah berjalan selama ini juga akan terus ditingkatkan. Menteri Maliki Osman juga memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kota Jambi untuk memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Kota Jambi.

Maliki Osman juga sempat mengapresiasi Walikota Jambi Syarif Fasha yang menurutnya kreatif dan inovatif karena dapat memanfaatkan peluang.

Untuk mengimplementasikan kerjasama tersebut, Menteri Maliki juga berencana akan berkunjung ke Kota Jambi dalam waktu dekat ini.

Pertemuan tersebut menjadi sangat berkesan bagi keduanya, karena diakhiri dengan foto bersama dan saling bertukar cinderamata.(yen)