Jumat, 10 Maret 2017 - 10:02:09 WIB
Harga Cabe Merah dan Cabe Rawit Naik Lagi
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Eko/Bisnis - Dibaca: 528 kali

Mediajambi.com - Setelah beberapa pekan komoditi cabe merah mengalami penurunan. Hari ini kembali naik dari -       Cabe merah besar mengalami kenaikan harga dari Rp28.000 menjadi Rp48.000 atau sebesar  Rp20.000.       Cabe merah keriting mengalami kenaikan harga dari Rp32.000 menjadi Rp52.000 atau sebesar Rp20.000, disebabkan berkurangnya pasokan.

Komoditi lain yang juga mengalami kenaikan yakni cabe rawit hijau mengalami kenaikan harga dari Rp38.000 menjadi Rp50.000 atau sebesar Rp.12.000, disebabkan berkurangnya pasokan.

“Naiknya harga komoditi cabe ini disebabkan berkurangnya pasokan dari sentra penghasil cabe baik lokal, maupun luar Provinsi Jambi,” ujar Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jambi Melahani, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya, sebagian besar cabe merah maupun cabe rawit dipasok dari luar Provinsi Jambi. Seperti dari pulau Jawa, Sumatera Barat dan Bengkulu. Jadi kata dia bila stok berkurang pada agen secara otomati harga naik. “Kenaikan harga komoditi ini, sulit diprediksi. Bisa saja pagi ini naik, tapi nanti sore harga berubah kembali,” ujarnya.

Sumarni (37) pedagang pengecer cabe di Pasar Simpang Pulai mengatakkan kenaikan harga komoditi cabe merah dan cabe rawit cukup signifikan yakni mencapai Rp20.000/kg.

Pedagang pengecer menurutnya, tidak berani membeli stok lebih. Pasalnya selain barang mudah busuk juga harga bisa berubah sewaktu-waktu. “Beli stok sesuai kebutuhan, biasanya konsumen membeli dalam jumlah terbatas juga,” ucapnya.

Konsumen, kata dia membeli cabe dengan cara memilih, sedangkan pedagang membeli pada agen dalam karung dan tidak bisa memilih. Terkadang, banyak yang rusak dan membusuk dalam perjalanan.  Sehingga pedagang sering merugi. “Maklum terkadang terjadi kemacetan sehingga butuh beberapa hari dalam perjalanan,” ungkapnya lagi.(mas)