Rabu, 24 Mei 2017 - 09:42:38 WIB
Gubernur Jambi Serahkan Bonus Atlet PON
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Olahraga - Dibaca: 239 kali

Mediajambi.com - Gubernur Jambi, H Zumi Zola, secara simbolis menyerahkan bonus atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Jambi dalam acara Pemberian Bonus dan Pembubaran Kontingen PON XIX Jabar/2016 Provinsi Jambi, bertempat di  Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Perelahan medali pada PON XIX/2016 di Jawa Barat, kontingen Jambi meraih 6 medali emas, 8 medali perak,  dan 21 perunggu. “Perolehan medali ini lebih baik bila dibanding PON XVIII/2012 Riau,” ujar Zola kepada sejumlah wartawan.

 Selanjutnya besaran nominal bonus adalah Rp250 juta bagi peraih emas, Rp150 juta untuk peraih medali perak dan, Rp100 juta untuk peraih medali perunggu. Selanjutnya bonus untuk pelatih pelatih yang meraih emas sebesar Rp100 juta, Perak Rp75 juta, dan perunggu Rp50 juta.

 Dikemukakannya, dengan segala keterbatasan anggaran, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berusaha untuk memberikan bonus yang lebih besar lagi bagi atlet  berprestasi sebagai upaya mengapresiasi usaha atlet yang telah berjuang dan berlatih untuk mengharumkan nama daerah.

 Gubernur berharap agar kedepan, peringkat PON Provinsi Jambi bisa meningkat, dari peringkat 23 di PON Jawa Barat tahun 2016, bisa masuk 15 besar pada PON 2020 Papua. “Jangan kuatir, bonus akan ditambah, harus ada motivasi seperti itu meski ada keterbatasan disana sini, tapi perjuangan para atlet ini harus selalu diapresiasi," ungkap mantan Bupati Tanjung Jabung Timur ini.

 "Posisi kita naik satu tingkat lebih baik, semua provinsi melakukan perbaikan, kompetisinya lebih ketat, jangan membuat kita patah semangat karena disitulah seninya berkompetisi dalam olahraga," lanjutnya.

 "Saya juga mengaperesiasi ketua umum KONI Provinsi Jambi serta pengurus yang sudah mempersiapkan segala sesuatu sejak dari berangkat sampai kembali lagi ke Jambi, dengan berbagai tantangan tapi tetap mendampingi atlet, pelatih dan asisten pelatih selama di Jabar,” ungkapnya.

 Dijelaskannya, peningkatan prestasi dianggap sebagai momentum yang sangat baik bagi dunia olahraga khususnya di Provinsi Jambi dengan perolehan sebelumnya pada PON XVIII Riau meraih tiga medali emas, delapan medali perak dan 20 medali perunggu dengan peringkat 24 secara nasional. "Prestasi itu ditentukan oleh komitmen dan juga niat KONI dan dinas terkait. Kita benahi apa saja yang perlu kita tingkatkan setelah PON XIX Jabar kemarin, ada beberapa catatan harus kita perbaiki dan dipersiapkan untuk bisa berprestasi lebih baik lagi," jelasnya.

 Gubernur berharap agar sinergi pemerintah dengan semua stakeholder (pemangku kepentingan) dalam pembinaan olahraga bisa terus ditingkatkan, serta supaya disusun regulasi kontribusi swasta untuk olahraga, termasuk rencana Program Bapak Asuh Cabang Olahraga untuk melakukan pembinaan, pendanaan, serta pembangunan venue olahraga bertaraf internasional. "Hal ini kita lakukan sebagai strategi agar kita lebih siap menghadapi PON XX di Papua 2020," tutup Zola.

Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, H Indra Armendaris menyampaikan pemberian bonus secara simbolis untuk atlet peraih medali pada PON XIX Jabar tahun 2016 berasal dari dana hibah APBD 2017, yang memerlukan proses dan mekanisme syarat-syarat dan sudah bisa dicairkan.

 Indra Armendaris menyatakan, KONI dan semua pihak terkait melakukan upaya perbaikan pada semua sektor tata kelola kinerja sekretariat dan olahraga untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi pada PON Papua nanti.

 Hadir dalam acara tersebut, Mantan Ketua KONI Provinsi Jambi, H Hazrin Nurdin, AS Budianto, Ketua Umum Pengurus Provinsi Perpani Jambi, Ibnu Ziadi, Ketua Umum Pengurus Provinsi Tarung Derajat, H Syahirsah, serta para undangan lainnya. (mas/adv)