Jumat, 26 Mei 2017 - 15:07:15 WIB
Santunan Korban Kecelakaan Naik 100 Persen
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 165 kali

Mediajambi.com - Mulai tanggal 1 Juni 2017 tahun ini, PT Jasa Raharja telah menaikkan santunan bagi korban kecelakaan penumpang umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan menjafi 100 persen, Jumlah ini tidak dibarengi dengan kenaikan premi yang dibebankan.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan di Oduo Hotel, Jum,at (26/5), yang di hadiri Gubernur Jambi yang diwakilkan oleh ,Dirlantas Polda Jambi AKBP Didik Mulyanto, OJK Jambi R Aziz Abdullah serta pemilik kendaraan umum di Kota Jambi.

Kenaikan ini setelah Menteri Keuangan RI menertibkan peraturan untuk meningkatkan besaran santunan kepada korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas.

Menurutnya, ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai,Danau, Feri Penyeberangan, Laut dan Udara.

Selanjutnya, untuk santunan korban kecelakaan lalu lintas diatur dalam PMK Nomor 16 tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

"Jadi santunan kecelakaan darat saat ini sama dengan santunan kecelakaan udara korban meninggal dunia, seperti pesawat terbang, yakni menjadi Rp. 50 juta. Padahal sebelumnya, santunan kecelakaan di darat dan di laut hanya Rp. 25 juta. Jadi naik 100 persen," jelas Budi H Samiyana.

Kenaikan santunan serupa juga terjadi pada santunan biaya perawatan dokter sebesar 100 persen, dari semula Rp. 10 juta menjadi Rp. 20 juta.

"Selanjutnya terjadi juga pada kenaikan biaya santunan penguburan sebesar 100 persen. Dari semula Rp. 2 juta menjadi Rp. 4 juta. Ini berlaku juga termasuk santunan untuk korban cacat tetap," ucapnya.(yen)