Selasa, 13 Juni 2017 - 23:11:22 WIB
Dua Titik Hotspot Ditemukan Batang Hari
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 144 kali

Mediajambi.com - Dua titik panas panas (hotspot) ditemukan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batang Hari di daerah Desa Jeluti Kecamatan Batin XXIV, yang berbatasan langsung dengan Kabupten Sarolangun. Satu titik lagi berhasil ditemukan di Desa Peninjauan Kecamatan Maro Sebo Ulu.

"Dengan ditemukan 2 hot spot ini, kami menyatakan siaga terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang Hari, Nazhar, Selasa (13/06/2017).

Dirinya mengungkapkan pihaknya sudah melayangkan surat kepada Bupati terhadap temuan ini serta kesiagapan Tim Reaksi Cepat (TRC) menghadapi masuknya musim kemarau panjang dan mengantisipasi karhutla tersebut.

"Kami sudah kirim surat kepada Bupati Batang Hari melaporkan pantauan TRC terhadap kondisi cuaca terkait pasca banjir beberapa waktu yang lalu yang merendam beberapa wilayah kabupaten Batang Hari. Satu hal lagi hasil pemantauan Badan Metereologi dan Geofisika wilayah II Jambi yang menyebutkan musim kemarau tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun 2015 yang lalu, beber Nazhar.

Ditambahkannya bahwa kemarau tahun ini akan di barengi dengan Badai El Nino dan memungkinkan kemarau panjang dan karhutla tahun ini lebih ekstrim di bandingkan karhutla tahun 2015 yang lalu.

Nazhar menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batang Hari agar dalam musim kemarau nantinya dapat menjaga lingkungan termasuk areal perkebunan dari hal-hal yang bisa menciptakan titik api. (suta)