Rabu, 14 Juni 2017 - 02:04:28 WIB
165 Napi Akan Mendapat Remisi
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 2 kali

Mediajambi.com - Sebanyak 165 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Bulian diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri. Proses pengajuan remisi diajukan melalui sistem online, dengan menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Hal ini dikatakan Kalapas Kelas IIB Muara Bulian , Dwi Santoso, Selasa (13/06/2017)).

Dwi mengatakan, data narapidana sedang kami kumpulkan untuk diajukan. Namum dirinya mengakui belum diinput ke aplikasi. " Data belum diinput ke aplikasi," kata Dwi.

Dirinya menjelaskan pengiriman data tersebut dilaksanakan memakai sistem SDP (Sistem Database Pemasyarakatan), sehingga petugas Lapas tidak perlu ke Kanwil, karena pihak Kanwil akan mengecek pengajuan melalui aplikasi ini. Adapun Narapidana yang diajukan mendapat remisi sudah sesuai dengan persyaratan seperti berkelakuan baik dan sudah menjalani masa hukuman selama 6 bulan.

" Berkelakuan baik merupakan salah satu kriteria yang menjadi pengajuan untuk mendapatkan remisi. Di samping itu sudah menjalani hukuman selama 6 bulan. Disetujui atau tidaknya suapa napi yang akan mendapatkan remisi, itu Kanwil yang akan memberikan keputusan," ujar Dwi.

Jumlah ini terdiri dari napi pidana umum sebanyak 115 orang, Napi PP 99 (Illegal Loging, narkotika) sebanyak 47 orang dan langsung bebas sebanyak 3 orang. Perolehan remisi bagi narapidana yang memenuhi syarat mulai dari 15 hari hingga 3 bulan pengurangan hukuman.

"Ada yang langsung bebas. Ada juga yang dapat remisi dari 15 hari hingga 3 bulan," sebutnya.

Ditambahkannya, saat ini warga binaan di Lapas Klas IIB Muara Bulian sebanyak 270 orang, terdiri dari 214 narapidana dan 56 tahanan. Sementara pengajuan remisi di Lapas Anak, masih dalam proses. "Masih dalam proses, karena saat ini sudah menggunakan sistem online," ucap Kalapas Anak, Didik. (suta)