Kamis, 15 Juni 2017 - 00:54:33 WIB
Siaga Banjir, Fasha Turun Pimpin Evakuasi Warga
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 121 kali

Mediajambi.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Jambi sedari malam, menyebabkan meluapnya anak sungai yang ada di Kota Jambi. Sebelumnya sebagai langkah antisipasi banjir dadakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, sejak malam telah mengumpulkan instansi teknis terkait untuk memantau dan membahas langkah antisipasi potensi banjir dibeberapa lokasi. Fasha pun memerintahkan Dinas PU Pera Kota Jambi melalui Bidang Pengairan untuk langsung turun melakukan pemantauan diseluruh lokasi di Kota Jambi.
Lokasi yang paling parah terkena dampak banjir berada di lokasi Perum Yeyes Lestari Kelurahan Kenali Besar Alam Barajo. Dinas Damkar dan Peyelamatan Kota Jambi bersama Dinas Sosial Kota Jambi dan Dinas Kesehatan Kota Jambi pun langsung diterjunkan dilokasi tersebut sejak pukul 12 malam. 
Sejak awal diturunkan, tim penyelamat gabungan yang terdiri dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Dinas Sosial Kota Jambi, Basarnas, langsung melaksanakan evakuasi warga yang terjebak banjir. 
Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, seusai mengunjungi LP Kelas II Jambi, langsung meninjau lokasi banjir tersebut. Fasha pun menyisir pemukiman warga untuk memantau kondisi warga perumahan tersebut. Fasha pun menyiagakan petugas medis dan layanan Home Care dibeberapa titik lokasi banjir.
Fasha menghimbau kepada warga sekitar untuk berhati-hati dan menjaga anak kecil dari bahaya banjir. Sesekali Fasha mengajak warga yang rumahnya terendam untuk mengungsi sementara waktu ketempat yang lebih aman.
Layanan Home Care benar-benar bermanfaat pada kondisi banjir tersebut. Beberapa warga yang terjebak banjir langsung dikunjungi oleh petugas medis untuk mendapatkan pertolongan pertama. Bahkan dilokasi tersebut, terdapat seorang warga yang menderita stroke yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.
Tim penyelamatan bersama petugas medis pun langsung mengevakuasi warga tersebut dengan menggunakan perahu karet untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Sampai berita ini dibuat, Wali Kota Fasha masih berada di lokasi memimpin proses evakuasi warga.
 
Di Tengah Banjir, Fasha Evakuasi Penderita Stroke
Mediajambi.com - Banjir dadakan yang melanda Perumahan Yeyes Lestari Patimura Kenali Besar, masih dilaksanakan proses evakuasi warga oleh tim gabungan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Dinas Sosial, Basarnas, dan Tim Medis Home Care Dinas Kesehatan Kota Jambi.
Sejak malam tim gabungan telah menyisir lokasi dan melaksanakan proses evakuasi. Wali Kota Jambi Sy Fasha pun langsung turun memimpin proses evakuasi. Dengan menggunakan perahu karet, sebagian warga yang terdiri dari anak-anak dan orang tua, telah di ungsikan sementara di tempat yang lebih aman.
Di lokasi tersebut, terdapat seorang warga yang menderita stroke. Fasha pun memerintahkan tim untuk mengevakuasi warga tersebut, guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan menggunakan perahu karet, kakek berusia sepuh tersebut berhasil di evakuasi.
"Walaupun debit air telah mulai menyusut, namun arus air cukup deras dan permukaan tanah dibawah labil serta licin. Hal tersebut tentunya membahayakan warga. Oleh karena itu proses evakuasi lebih tepat dilaksanakan dengan menggunakan perahu karet, untuk menghindari hal yabgbtidak kita inginkan." Ujar Fasha.
Dilokasi tersebut selain menyiagakan tim evakuasi, Fasha memerintahkan tim medis untuk bersiaga dilokasi dan mengoptimalkan layanan Home Care untuk menjangkau warga yang masih tinggal dirumahnya.(yen)