Kamis, 15 Juni 2017 - 00:57:00 WIB
Kawasan Rawan Banjir Jadi Perhatian Fasha
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 133 kali

 
Mediajambi.com - Banjir dadakan yang sering melanda Kota Jambi pasca diguyur hujan, menjadi fokus perhatian Wali Kota Jambi Syarif Fasha. Melihat perkembangan beberapa waktu terakhir, genangan akibat banjir dadakan terjadi di beberapa titik.
“Kondisi saluran air (drainase) primer, sekunder dan tersier yang dibangun oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kota, telah kita normalisasi. Secara berkala kami bersihkan dari endapan sendimentasi maupun sampah.  Namun intensitas dan curah hujan yang tinggi tadi malam, membuat luapan yang cukup besar, sehingga menggenangi daerah sekitarnya,” ujar Fasha, Rabu (14/6).
Walaupun pasca normalisasi, saat ini waktu surutnya banjir lebih cepat, namun Fasha belum merasa puas. Dirinya mengaku akan segera berkordinasi kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk membahas penyumbatan beberapa titik saluran drainase maupun crossing jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Pusat dan Provinsi yang ada di Kota Jambi.
“Kami akan berkordinasi terlebih dahulu agar Pemerintah Pusat dan Provinsi memperbaiki saluran yang masih belum optimal menampung debit air, terutama yang terletak di crossing jalan. Akan kita minta segera dianggarkan. Namun jika hingga akhir tahun belum ada kepastian, saya akan keluarkan diskresi untuk mengambil alih pembiayaannya,” tegas Fasha.
Selain langkah tersebut, Fasha juga mengungkapkan akan menggalakkan kembali gerakan membuat 1 juta lubang biopori di Kota Jambi.
“Kami harap masyarakat Kota Jambi mendukung program pemerintah untuk menjaga lingkungan dari sampah, terutama di saluran drainase, jangan sampai ada yang membuang laginsampah di drainase. Kita dorong masyarakat  untuk kembali bergotong royong dan membuat lubang biopori,” pungkasnya.(yen)