Jumat, 11 Agustus 2017 - 05:18:24 WIB
Pemkab Sarolangun Pacu Dekranasda Gali Potensi Daerah
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Sarolangun Emas - Dibaca: 79 kali

Mediajambi.com   - Bupati Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi H Cek Endra memacu Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) daerah itu bergerak aktif menggali potensi industri kreatif .

"Dekranasda harus turun dan aktif ke tengah masyarakat untuk menggali potensi industri kreatif daerah yang punya nilai jual untuk dipasatkan," kata Cek Endra saat menghadiri pelantikan Pengurus Dekranasda dan PKK Sarolangun Periode 2017 -2022.

Menurut Bupati hal itu penting  dilakukan agar  dunia industri kreatif yang bersifat kerajinan daerah kian maju dan menjadi bagian dari ciri khas daerah.

 "Dulu  Sarolangun terkenal dengan batunya, pada saat musim batu pada waktu itu tapi sekarang tidak musim lagi. Sekarang apa, bagaimana ke depan hal semacam ini muncul dan bisa bertahan harganya di pasaran," katanya.

Untuk itu kata Bupati, diharapkan Dekranasda  dapat menggali potensi bidang industri kreatif itu. Bila ada wisatawan yang berkunjung ke Sarolangun mereka mencari apa yang menjadi oleh-oleh khas daerah.

Bagaimana kemudian ketika orang berkunjung, sebelum membeli oleh-oleh khas kita berasa belum berkunjung ke sini," kata bupati.

 Dalam mendukung pergerakan Dekranasda, pemerintah daerah tentu tidak akan lepas tangan dan siap mendukung. Namun ia berharap ada pergerakan dari Dekranasda sehingga membuahkan berbagai program pemberdayaan ekonomi kreatif.

Ia menjelaskan pihaknya sangat berharap pergerakan hal semacam ini sampai ke tengah masyarakat agar kemudian industri kreatif menjadi hal yang positif untuk kemajuan kaum perempuan Sarolangun di masa mendatang.

Harapan kita, tentu hal ini harus didukung oleh semua pihak sehingga masyarakat merasakan adanya Dekranasda ketengah-tengah mereka," katanya menambahkan.

Sementara itu ketua Dekranasda Sarolangun, Rosita Endra mengatakan hal ini tentu menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus mengembangkan industri kreatif daerah kedepan. Daerah tetap mengikuti agenda Dekranasda Provinsi dalam menjalankan agendanya.

"Kita perlu terus menggerakkan bidang industri kreatif ini, agar ke depan Sarolangun juga memiliki kekhasan. Tentu kita siap menggerakkannya," katanya.(mas)