Senin, 04 September 2017 - 19:38:01 WIB
Antispasi Longsor, Pemkab Batanghari Bangun Turap
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 254 kali

 

Media Jambi.com - Akibat kondisi jalan mulai terkikis dan bisa mengakibatkan longsor, di kawasan jalan Sultan Thaha Kelurahan Rengas Condong Muara Bulian Kabupaten Batanghari dibangun turap. Dinas PUPR Batanghari membangun turap sepanjang 80 meter di jalan samping  kolam bebekan pendopo rumah dinas Bupati Batanghari. 
Informasi yang didapatkan, ruas jalan dengan panjang 117 meter itu, sepanjang 80 meter sudah mulai amblas ke kolam bebekan, dan dikhawatirkan kalau tidak diantisipasi secepatnya akan menyebabkan longsor.
Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Batanghari, Shomad mengatakan, pemicu terkikis dan amblasnya bibir jalan dikarenakan banjir dan luapan air hujan.
" Oleh karena itulah dilakukan pembuatan turap di pinggir jalan sepanjang 80 meter " ungkap Shomad, Senin (04/09/2017).
Pembangunan turap menggunakan dana APBD Kabupaten Batanghari sebesar Rp 1,3 Milyar. Proses pembangunan dalam pengerjaan, dengan target rampung diakhir tahun 2017.
" Dengan dibangunnya turap diharapkan mampu menyelamatkan kondisi jalan dari longsor." tambah Shomad.
Dilanjutkannya, dengan anggaran Rp 1,3 Milyar untuk panjang bangunan kisaran 80 m, namun dalam perjalanan nanti bisa saja bertambah ataupun berkurang.
Dalam pembangunan iti tidak hanya untuk turap semata, nantinya juga akan di berikan space khusus bagi pejalan kaki. ataupun tempat duduk dan bersantai sembari memancing bagi masyarakat.  " Di samping turap, juga kita
bangun kawasan santai dengan lebar kisaran satu sampai satu setengah meter, " ujarnya lagi.
Untuk space khusus tersebut saat ini masih dalam bentuk rangka, karena masih mengejar untuk pembuatan turap terlebih dahulu. (suta)