Selasa, 05 September 2017 - 08:34:19 WIB
Siloam Hospitals Launching Ruang Mom & Child Integrated Clinic
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 56 kali

Mediajambi.com - Rumah Sakit Siloam Jambi mencoba menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat khususnya bagi Ibu yang sedang mengandung dan para Remaja diusia produktif, dengan melaunching Konsep Klinik Mom and Child, Hal tersebut disampaikan Direktur Rumah Sakit Siloam Jambi, dr. Kritianus Cahayo usai melaunching konsep tersebut, Kamis (31/08).

Saat diwawancarai Awak Media dr. Kritianus mengatakan masyarakat tidak perlu bingung, saat ini Siloam sudah ada konsep baru ini. Kita kembangkan dengan konsep integrasi ini, tujuannya agar semua kita bisa terlayani disini. Mulai dari screening sampai dengan terapinya, dan lingkupnya tidak hanya anak saja tapi juga dalam prosesnya mulai dari dalam kandungan.

“Jadi kita mulai konsuling ini dari saat Ibu hamil, mulai konsuling gizinya, konseling ke Dokter ahli kebidanannya juga. Karena disini untuk ahli kebidanan bisa dibilang cukup bervariasi, ada yang Konsultan untuk hamil, kemudian ada juga Bidan untuk gangguan dalam kehamilan disini,” jelasnya.

Lebih lanjut, dijelaskannya bahkan nanti pada saat misalkan bayi lahir prematur, itu kan harus perawatannya khusus, disini kita ada fasilitasnya dan juga ada konsultannya. Jadi misalnya perlu konsiltasi gizi disini juga ada Dokter Spesialis gizi.

“Pada dasarnya, semua rumah sakit itu ada klinik ibu dan klinik anaknya, itu semua pada umumnya ada, Dokter Spesialis Anak, Spesialis Kandungan dan Kebidanan. Nah, yang kita coba kembangkan adalah konsep integrasinya. Ya itu, intinya supaya orang One Stop lah, One Stop Klinik. Jadi dia berobat gak perlu bisngung lagi mau kemana,” kata Dirut RS Siloam dr. Kritianus.

Sementara itu, Ho. Div. Business Development RS Siloam, Supriyatun mengatakan apa yang ada di Siloam Jambi sebenarnya banyak, hanya pihaknya juga harus jeli dalam melihat peluang. Artinya masyarakat disekitar apa kebutuhnya, kita harus punya itu untuk menjamin kepercayaan pasien juga.

“Jadi selalu kita bergerak dari awalnya apa yang kita punya, apa yang kita miliki, kita develove dulu kita explore, kita terapkan dulu ke masyarakat kemudian nanti kita evaluasi lagi. Kan ini adalah Starting Poin, nanti setelah ini kita gandeng Dinas Kesehatan juga untuk menganalisa kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, Konsepnya adalah kholistik, dimana dari dalam kandungan yang tadi disampaikan oleh Perwakilan dari Dinas, sampai nanti melampaui masa anak-anak. “Jadi dalam kandungan itu dari dia istilahnya proses untuk kehamilan, apa aja sih yang dibutuhkan, ya konsulen gizinya harus baik, kemudian yang kedua juga monitoringnya perkembangan gizinya seperti apa dari mulai didalam,” tambahnya.

“Karena itu kan kontrol harus rutin, ada fasenya. Kenapa kontrol itu gak boleh ditinggalin, karena kita mau lihat progresnya janin di dalam itu seperti apa, tumbuhnya sesuai gak dengan standar berat badan idealnya. Ketika janin itu tidak progresif, artinya tidak ada pertumbuhan yang signifikan,” tambahnya lagi.

Dengan begitu kami (Siloam, red) berharap bahwa dengan ini pihaknya sudah mempunyai wadah yang bisa sedikit memenuhi kebutuhan Masyarakat. Kurang lebihnya dari bisnis Mom and Cild ini seperti itu. “Kenapa saya tembak prioritas, karena memang masyarakat Jambi ini kan semua hampir dibilang rata-rata usia produktif. Jadi salah satu strategi kami itu,” ujarnya.(yen)