Selasa, 05 September 2017 - 09:34:00 WIB
Nilai Ekspor Provinsi Jambi Naik 82,24 Persen
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Eko/Bisnis - Dibaca: 92 kali

Mediajambi.com - Nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada bulan Juli 2017 mengalami kenaikan 82,24 persen dari US$ 118,60 juta menjadi US$ 216,13 juta.

Kepala BPS Provinsi Jambi Dadang Hardiwan mengatakan penyebab utama naiknya ekspor Provinsi Jambi bulan Juli 2017 adalah naiknya ekspor migas, disamping kenaikan ekspor yang terjadi pada komoditi pinang, komoditi karet danolahannya, komoditi arang dan komoditi batubara.

“Kumulatif ekspor Jambi sampai dengan bulan Juli 2017 lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2016. Capaian ekspor sampai dengan Juli 2017 adalah sebesar US$ 1.479,26 juta atau terjadi kenaikan sebesar 43,26 persen,” ujarnya Selasa 5 September 2017.

Dikatakannya, kontribusi terbesar terhadap total ekspor di Jambi adalah ekspor kelompok Industriyaitu sebesar 47,56 persen, diikuti Kelompok Pertambangan sebesar 46,38 persen, dan Kelompok Pertanian sebesar 6,06 persen. “Bila dirinci menurut komoditi, Kelompok Pertambangan didominasi oleh Migas yang memberikan kontribusi mencapai 43,52 persen,” ucapnya.

Penyumbang kontribusi terbesar dari Kelompok Industri yaitu karet dan olahannya yang mencapai 30,04 persen. Sedangkan dari Kelompok Pertanian, komoditi pinang memiliki sumbangan 4,91 persen.

Secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada Bulan Juli 2017 ke beberapa negara utama mengalami kenaikan. Ekspor Jambi yang mengalami kenaikan adalah ke Singapura, Perancis, Cina, Jepang India, Australia, Korea Selatan dan Taiwan.

Sedangkan pergerakan turunnya nilai ekspor dapat diamati ke beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat.

Secara kumulatif sampai dengan Juli 2017 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami peningkatan. Namun demikian ada beberapa transaksi ekspor ke berbagai Negara mengalami penurunan. Penurunan terjadi pada ekspor ke Perancis, Australia dan Taiwan.

Menurutnya perkembangan ekspor enam komoditi utama yang diekspor pada bulan Juli 2017, yaitu Migas, Karet dan Olahannya, Pulp dan Kertas, Minyak Nabati, Batubara dan Pinang. Ekspor terbesar adalah Migas yang pada bulan ini diekspor ke Singapura, Thailand dan Malaysia. Komoditi Karet dan Olahannya terbanyak diekspor ke Amerika Serikat, Jepang dan India. Komoditi Pinang diekspor ke Singapura, Thailand dan India. Sedangkan untuk komoditi minyak nabati, komoditi batubara serta komoditi pulp dan kertas diekspor ke Cina, Taiwan, Inggris, India dan Jepang.

Jumlah ekspor ke enam negara tersebut mencapai 78,13 persen dari total ekspor. Ekspor terbesar adalah ke negara Singapura dengan komoditi utama yaitu komoditi migas, komoditi pinang dan komoditi karet olahan. Selanjutnya adalah ekspor ke Cina, sebesar 9,52 persen dengan komoditi utama adalah komoditi pulp dan kertas, komoditi karet olahan dan komoditi batubara.

Sedangkan komoditi terbesar yang diekspor ke Singapura, Thailand, Malysia dan Jepang adalah pinang, minyak nabati, batubara, pulp dan kertas, karet olahan, kayu lapis serta kopi dan rempah.(mas)