Sabtu, 28 Oktober 2017 - 11:56:42 WIB
Komisi IV DPR RI Cek Gudang Bulog
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Eko/Bisnis - Dibaca: 40 kali

Mediajambi.com - Tim Komisi IV DPR RI berkunjung ke Jambi pada Jumat (27/10) di Gudang Bulog Pasir Putih Divre Jambi. Kunjungan ini dalam rangka melihat persediaan beras yang ada.

Menurut Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo mengapresiasi gudang bulog yang ada di Pasir Putih ini. Tempatnya bersih dan Asri, semua tertata dengan baik dan rapi," jelasnya.

Ia melihat stok beras yang ada di bulog saat ini termasuk stok yang baik. Selain itu juga ada pemisahan antara beras rastra dan beras subsidi, serta gula.

Ia mengatakan inovasi dalam pengembangan usaha itu penting. "Contohnya saja yang dilakukan bulog yaitu rumah pangan kita, ini kan perpanjangan dari kerja bulog," katanya.

Selain itu ia menambahkan bulog sendiri adalah untuk stabilisasi harga beras. Apalagi menurutnya beras ini suka dipermainkan di pasar. "Fungsi bulog untuk mengatur harga, selain itu kami juga tidak ingin bulog menjadi pesaing swasta," jelasnya.

Untuk itu pihaknya tidak ingin pihak swasta mempermainkan harga. "Apalagi yang harusnya harganya beras standar harganya Rp 10 ribu, di pasaran harganya bisa sampai Rp 15 ribu," katanya.

Selain itu menurutnya untuk proses pengepakan beras itu harganya hanya Rp 900, namun menurutnya harga beras di pasaran bisa sampai harga Rp 15 ribu.

"Karena hal inilah, harga tidak diatur yang bisa menyebabkan terjadinya inflasi," katanya.(yen)