Senin, 30 Oktober 2017 - 11:11:30 WIB
Kopi Arabika Koerinci Juara Kontes Kopi Se Indonesia
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 25 kali

Mediajambi.com - Kopi Arabika Kerinci menjadi juara kontes kopi se Indonesia. Menyisihkan 122 peserta lain, dengan total nilai 88,29 poin di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui Kopi Kerinci telah mendapat sertifikat indikasi geografis (IG) pada 26 April 2017 dengan nama Kopi Arabika Sumatera Koerintji, yang diberikan Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) kerinci Triyono mengaku bangga atas prestasi yang ditoreh. Namun permasalahannya kebun kopi jenis arabika yang tersebar ditiga kecamatan di Kayuaro, Kayu Aro Barat dan Gunung Tujuh baru mencapai 729 hektar dengan jumlah petani sebanyak 525 jiwa dan produksi rata-rata 1,3 ton/hektar. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan ekspor belum mencukupi. “Salah seorang juri pada kontes kopi berasal dari Jerman meminta 20 ton/bulan. Untuk memenuhi jumlah itu harus bergabung dengan daerah lainnya,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Terkait masalah harga jual setelah jadi beras mencapai Rp200.000/kg. Sedangkan setelah menjadi bubuk dan siap seduh mencapai Rp250.000/kg jauh lebih mahal bila dibandingkan jenis kopi  Robusta dan Tungkal Komposit.

Dikatakannya Kopi Arabika Kerinci  memiliki keunikan rasa dan keistimewaan, karena yang menilai orang luar semua.

Kopi Arabika Kerinci ini hanya dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 hingga 1.200 meter dari permukaan laut (MDPL) di daerah Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Menanggapi hal ini Gubernur Jambi H Zumi Zola mengapresiasi prestasi yang diraih petani Kopi Arabika Kerinci.

Zola mengajak seluruh Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi setiap ada event Nasional atau pun tingkat provinsi. seperti festival Batanghari, festival danau kerinci dan festival candi muaro jambi, harus menyediakan tempat untuk minum kopi. Misalnya Caffee shop agar kopi Arabica Sumatra Koerinji dapat dikenal lebih luas lagi. "Saya menghimbau kepada pengusaha perhotelan dan Caffee Shop di Provinsi jambi agar menyediakan tempat minum kopi dari Provinsi Jambi," ajak Zola.(mas)