Kamis, 02 November 2017 - 16:40:01 WIB
Dua Orang Spesialis Pencurian Emas Didor
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Hukrim - Dibaca: 30 kali

 Mediajambi.com- Dua orang pelaku pencurian spesialis  perhiasan emas, AS (30) dan FR (35) dihadiahi timah panas di kaki masing-masing pelaku, karena berusaha kabur dari kejaran polisi. Kedua warga Kota Jambi ini, dibekuk oleh Subdit III  Jatanras Polda Jambi, pada Senin (30/10/2017) dini hari.  

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Bonedictus Anies, mengungkapkan, aksi kedua pelaku sudah sangat meresahkan masyarakat Kota Jambi. Sehingga keduanya sudah lama menjadi target operasi (TO).

“Banyak laporan yang masuk, baik di Polsek, Polresta dan Polda Jambi,” ujar Anies, kepada wartawan

Dari pengakuan pelaku dan pencocokan laporan, sambung Anies, tercatat kedua pelaku ini sudah puluhan kali melakukan kejahatannya, di tempat yang berbeda-beda. “Totalnya ada 26 TKP berbeda,” sebut Anies.

Anies juga menceritakan kronologis penangkapan ke dua pelaku, yang dilakukan di rumah FR di Kawasan Jambi Timur. Saat itu, kedua pelaku berusaha kabur, karena salah satu pelaku sudah mengetahui tim gabungan dari Polda, Polresta dan Polsek, sedang memburu mereka.  

“Jadi mereka ini sempat berusaha kabur, kita berikan tembakan peringatan tapi tidak indahkan, ya terpaksa ke duanya kita lumpuhkan,” ujar Anies.

Saat penangkapan itu, pihak kepolisian langsung membawa dua pelaku terlebih dahulu ke Polresta Jambi, setelah itu langsung digiring ke Polda Jambi. “Kita lakukan pengembangan dan pemeriksaan di Polda Jambi,” imbuh Anies.

Ke dua pelaku ini, kata Anis dalam melakukan aksinya tergolong sadis. Mereka mempersenjatai diri dengan senjata tajam dan tidak segan-segan melukai korbannya yang kebanyakan adalah wanita.

“Korbannya kebanyakan ibu-ibu dan anak gadis yang pakai kalung emas, untuk mendapatkan, pelaku terkadang mengancam dengan sajam dan ada juga menariklangsung kalung dari leher korbannya,” papar Anies.

Selain AS dan FR yang merupakan pelaku utama, pihak kepolisian juga mengamankan seorang pria berinisial BD (32). BD diduga merupakan penadah hasil aksi kejahatan dari AS dan FR.

“Kita akan mengembangkan kasus tiga tersangka ini, diduga masih banyak TKPyang dilakukan ketiga tersangka,” tandasnya.(yen)