Sabtu, 04 November 2017 - 11:12:17 WIB
Operasi Zebra : Polda Jambi Amankan 29 Sepeda Motor
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Hukrim - Dibaca: 37 kali

Mediajambi.com- Terhitung dua hari Operasi Zebra jajaran Ditlantas Polda Jambi sudah mengamankan 29 diduga motor bodong. Puluhan motor ini langsung dibawa Ditlantas Polda Jambi guna pengecekan lebih lanjut.

Razia ini dilakukan Jalan Sentot Ali Basa Selincah Kecamatan Jambi Timur. Hasilnya 118 stnk,sim 14,r2 29 dan r1 1 jumlah ini mencapai 162 pelanggaran.

Dirlantas Polda Jambi Kombes Didik saat dikonfirmasi menerangkan, Operasi Zebra terus berkelanjutan dilakukan di semua jajaran Polda, Polresta, Polres dan Polsek se-provinsi Jambi. Himbau Didik, masyarakat harus melengkapi kendaraan saat berlalu lintas di jalan.

“Selain Operasi di Kota Jambi, laporan diterima dari seluruh polres dan jajaran Kabupaten mencapai 603 sim, 94 stnk,”  jelas Didik.

Didik menyebutkan, Operasi Zebra kendaraan mencapai 87 kendaran yang diangkut oleh satlantas jajaran. hasil itu sambung Didik meningkat dibandingkan Operasi zebra 2016 hanya 619 pelanggaran, sementara 2017 mencapai 784 dan ini naik 27 persen, angka ini kemungkinan besar terus meningkat.

“Ini belum lagi selesai Operasi Zebra sudah meningkat, Operasi zebra akan terus dilakukan sampai batas tidak ditentukan,” terang Kombes Didik kepada wartawan.

Terpisah, Kamis (2/11/2017)Jajaran Satlantas Polresta Jambi sehari melaksanakan kegiatan Operasi Zebra telah mengeluarkan sebanyak 250 lembar surat tilang yang dilakukan di berbagai lokasi.

Kasat Lantas Polresta Jambi, Kompol Abilio Dos Santos di Jambi, Kamis membenarkan, bahwa pada hari pertama digelarnya Operasi Zebra 2017, di wilayah hukum Polresta Jambi, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 250 surat tilang kepada pelanggar peraturan lalu lintas.

"Cukup banyaknya surat tilang yang dikeluarkan petugas di lapangan saat menggelar operasi Zebra tersebut menunjukkan bahwa angka pelanggaran cukup tinggi yang terjaring di kegiatan itu," katanya.

Dari 250 lembar surat tilang yang dikeluarkan pihak Polresta Jambi dan jajarannya, terdiri atas surat tilang STNK sebanyak 219 lembar dan tilang SIM 33 lembar dan menyita satu unit sepeda motor.

Para hari perdana digelar Operasi Zebra tersebut, pihak Polresta Jambi melakukan penertiban pada beberapa lokasi yang digelar oleh Polsek setempat.

"Yang pasti pada hari pertama digelarnya Operasi Zebra anggota Polresta dan Polsek yang secara serentak menggelar operasi tersebut di wilayah masing-masing," kata Abilio Dos Santos.

Operasi Zebra yang dilaksanakan selama 14 hari kedepan atau dimulai 1-14 Nopember mendatang, akan menindak tegas semua pelaku pelanggaran yang telah bersalah dengan menilang langsung para penggelar lalulintas.

Abilio berharap, para pengendara baik sepeda motor dan kendaraan roda empat atau mobil dan seterusnya agar segera melengkapi seluruh dokumen kendaraanya dan tetap memasang kelengkapan alat berkendaraan.(yen)