Rabu, 08 November 2017 - 09:10:53 WIB
Operasi Zebra, Seminggu Jaring 600 Pelanggaran
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 69 kali

Mediajambi.com - Memasuki hari ke- 7 Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Batanghari yang akan berlangsung mulai 1 sampai 14 November 2017, tercatat sudah 600 pelanggaran yang ditemukan. Pelanggaran tersebut, baik dilakukan pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dari sekian banyak pelanggaran tersebut, kebanyakan terkait permasalahan kelengkapan surat kendaraan, seperti SIM dan STNK.

"Benar. Pelanggaran didominasi permasalahan kelengkapan surat-surat kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Batanghari AKP La Ode Prasetyo Fuad, ketika dikonfirmasi, Selasa (07/21/2017).

Selain itu, kata Kasat, permasalahan kelengkapan kendaraan seperti tidak adanya spion, tanpa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNBK), tidak pakai helm sebagai pengaman kepala.

"Pelanggaran tersebut banyak dilakukan oleh pengendara sepeda motor khususnya siswa sekolah," beber La Ode.

Sementara itu, bagi jenis roda empat, pelanggaran yang ditemukan banyaknya buku kir kendaraan yang habis masa berlakunya.

Bagi pelanggaran tersebut, diberlakukan tilang di tempat dan bagi pelanggar bisa membayar tilang secara on line maupun mengikuti sidang di pengadilan, sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Ketika ditanyakan banyaknya siswa yang terjaring operasi zebra kali ini, Kasat mengatakan bahwa sebelum giat resmi dilaksanakan, telah diumumkan pada setiap upacara bendera di beberapa SMA maupun SMK yang ada di Kabupaten Batanghari.

" Sudah disosialisasikan sebelumnya di sekolah-sekolah" beber Kasat.

Salah satu siswi yang terjaring razia, Dwi, siswa SMK 2 Batanghari, terjarung razia karena tidak punya kaca spion. " Ditilang karena tak ada kaca spion, Bang," kata Dewi.( suta)