Kamis, 09 November 2017 - 08:31:21 WIB
Pemkot Jambi Bertransformasi Jadi Kota Layak Anak
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 23 kali

Mediajambi.com- Suasana yang berbeda dari biasanya terjadi di Lapangan upacara Kantor Wali Kota Jambi. Rabu pagi (8/11) Kantor Wali Kota Jambi, mendadak dipenuhi oleh warna-warni, canda tawa dan keceriaan anak-anak. Suasana keceriaan anak-anak tersebut adalah dalam rangka perayaan peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Jambi Tahun 2017.

Agenda tahunan Pemkot Jambi tersebut memang rutin dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Pemkot Jambi di bawah kepemimpinan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam mempersiapkan sedari dini generasi emas gemilang masa depan bangsa.

Kegiatan yang langsung dihadiri dan dibuka oleh Wali Kota Fasha tersebut, turut dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha yang juga merupakan Bunda PAUD Kota Jambi. Tampak pula jajaran OPD di lingkup Pemkot Jambi, Camat dan lurah se-Kota Jambi.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kota Jambi yang dirangkai dengan Pembukaan Lomba dan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Kota Jambi tersebut, diikuti oleh seluruh anak-anak dari berbagai PAUD, TK, Taman bermain, dan SD se-Kota Jambi. Kehadiran Wali Kota Fasha dan Bunda PAUD pun disambut hangat oleh anak-anak dengan memberikan bucket karangan bunga.

Kegiatan HAN Kota Jambi Tahun 2017 di Balaikota tersebut diawali dengan parade defile pawai anak-anak. Dengan berbagai ekspresi keceriaan dan kelucuan, seluruh anak-anak tampak bersemangat tampil didepan Wali Kota Jambi. Tampak barisan anak-anak dengan mengenakan pakaian adat, pakaian berbagai profesi, penampilan drum band cilik, polisi cilik (pocil) dan penampilan bakat kesenian lainnya.

Tidak hanya itu, anak-anak berkebutuhan khusus pun tidak mau ketinggalan, menampilkan kreatifitasnya dalam ekpresi tarian tradisional Jambi. Selain itu, anak-anak tampak kompak bergembira menyanyikan lagu-lagu anak-anak nasional, penampilan dongeng, dan mob flash keceriaan anak-anak oleh Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo

Keceriaan HAN Kota Jambi pun makin semarak saat Wali kota Fasha dan Bunda PAUD tampak kompak bersama anak-anak menarikan "Dance Baby Shark Song" yang cukup viral dan kekinian saat ini.

Wali Kota Fasha dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, anak-anak adalah harta paling berharga didunia. Orang tua sangat berperan penting dalam mendidik anak.

"Anak-anak adalah harta yang paling berharga di dunia ini. Ibarat mutiara yang sangat bernilai, anak-anak adalah aset terbesar bangsa ini. Masa depan anak-anak sangat tergantung dari orang tua. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita dalam tumbuh kembang anak senantiasa diajarkan hal-hal yang baik, karena dalam proses tumbuh kembang, peran pendidikan  keluarga oleh orang tua sangat dominan." Ujar Fasha

Bagi Fasha pendidikan usia dini yang diajarkan oleh orang tua, maupun melalui jalur pendidikan formal dan non formal adalah pondasi awal anak-anak dalam mengenal keluarga dan lingkungan sekitarnya.

"Pendidikan adalah hal yang utama dan sangat penting bagi tumbuh kembang. Oleh karena itu, pendidikan harus disesuaikan dengan umurnya. Pendidikan juga merupakan bentuk perlindungan bagi anak-anak dari dampak dan pengaruh negatif dari luar. Mari bersama bersinergi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak." Jelas Fasha

Fasha pun menyampaikan bahwa Kota Jambi saat ini bertranformasi menjadi kota yang layak bagi anak. Berbagai aspek telah dipenuhi untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kegiatan hari ini adalah salah satu sarana dan upaya pemerintah dalam mewujudkan kreasi pendidikan bagi anak untuk saling berinteraksi, saling mengenal dan berkreatifitas. Kami telah mentransformasikan Kota Jambi sebagai kota layak anak. Berbagai aspek telah kita lengkapi, seperti taman-taman bermain yang akomodatif bagi anak, pendidikan dan sekolah bermutu, bahkan regulasi seperti Perda Kota Sehat, Perda Kawasan Bebas Asap Rokok dan regulasi lainnya dalam mendukung gerakan Kota Layak Anak." Pungkas Fasha(yen)