Kamis, 09 November 2017 - 08:32:21 WIB
Saksikan Museum Manusia Purba Sanggiran
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 31 kali

Mediajambi.com- Museum Manusia Purba Sanggiran The Homeland of Java Man, mulai Rabu  tanggal 8 November hingga 12 November mendatang, mengadakan Pameran di Sumatera Hadir di Mall Lippo Jambi.

Road Show Sangiran Pameran 5 Kota Sumatera,menampilkan sebanyak 20 Fosil Purba berbagai jenis mulai dari Fosil binatang laut dalam, Fosil Binatang Rawa, Fosil Binatang darat, dan bahkan Fosil manusia Purba.

Dipulau Sumatra, Selain di Kota Jambi situa Sangiran juga akan di pamerkan di 4 kota besar dipulau Sumatra, seperti Medan, Pekan Baru, Palembang dan Bandar Lampung.

Sukronedi selaku Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran mengatakan pemeran tersebut dilakukan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat pentingnnya pengetahuan tentang fosil.

"Tahun ini (2017) kita adakan pameran keliling Sumatra, tahun depan (2018) akan diadakan di Pulau Kalimantan, dan tahun 2019 akan diadakan di Sulawesi," katanya.

Lanjutnya, Fosil yang dipamerkan usianya berbeda-beda, seperti usia fosil untuk binatang laut sekitar 2.4 juta tahun yang lalu, Usia Fosil dari binatang rawa sekitar 1,8 juta tahun yang lalu, sedangkan fosil Binatang darat 300 sampai 900 ribu tahun yang lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Ujang Hariadi mengatakan, dengan adanya pameran tersebut sangat membantu untuk menambah pengetahuan bagi anak muda dan Mahasiswa khususnya di Provinsi Jambi.

"Seperti bagaimana proses, perkembangan manusia tersebut, dari manusia Purba sampai dengan Homo Sapiens," Ujarnya.

Untuk diketahui, Fosil dari laut dalam yang ditampilkan atau dipamerkan seperti kerang raksasa, gigi hiu. Selanjutnya Fosil rawa seperti rahang atas buaya, Fosil dari darat seperti tengkorak dan tanduk kerbau, lengan atas gajah, tanduk rusa dan rahang atas gajah, geraham gajah dan juga gading gajah raksasa.(yen)