Jumat, 10 November 2017 - 09:08:33 WIB
Menggali Potensi Terkini Dari Teluk Kenali
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Pertanian - Dibaca: 33 kali

Mediajambi.com -Provinsi Jambi memiliki potensi yang sangat besar salah satunya adalah potensi sumber daya Perairan Umum Daratan (PUD) seluas 115.000 Ha. Potensi ini meliputi sungai, danau, dan rawa tersebar di 11 kabupaten/kota yang ada dengan potensi lestari sebesar 35.500 ton/tahun dengan tingkat pemanfaatan potensi pada tahun 2014 sebesar 7.566,8 ton. Salah satu kelurahan yang memiliki potensi perairan adalah kelurahan Teluk Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Beberapa sisi kelurahan ini tepat berada di samping Danau Teluk Kenai dan Sungai Batanghari. Danau Teluk Kenali telah diatur secara zonasi menjadi zona inti, zona penyangga, dan zona penangkapan ikan. Luas keseluruhan perairan pada saat normal 15 hektar dan pada saat kemarau perairan menyusut hingga menjadi 10 hektar saja. Melihat luasan potensi perairan yang dimiliki oleh kelurahan Teluk Kenali, bisa dibayangkan berapa besar potensi perikanan yang tersimpan di kelurahan tersebut, bukan?

Melihat potensi perikanan yang sangat besar tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Jambi yang terdiri dari Dede Martino, Ardianingsih Puji Astuti, Linda Handayani, dan Rahmi Mulyasari berinisiatif untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk mengoptimalkan potensi ikan di Kelurahan Teluk Kenali. Mereka adalah dosen dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Sains dan Teknologi yang kemudian didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi untuk menerapkan teknologi mesin sanggai dalam mengolah hasil ikan secara organik. Produk ikan sanggai ini digadang-gadang sebagai ikon terbaru Kota Jambi, khususnya Kecamatan Teluk Kenali. Lantas, apa itu ikan sanggai?

 

Organik Masyarakat Teluk Kenali

Jika Padang memiliki ikon keripik sanjai, Jawa Barat memiliki ikon dodol garut, dan Medan memiliki ikon Bika Ambon, kali ini hadir ikon baru dari Jambi, Ikan Sanggai.Teknologi Mesin Sanggai merupakan teknologi pengolahan ikan secara organik mengguanakan kolom panas yang dapat mengeringkan ikan dengan cepat. Teknologi ini merupakan teknik mengawetkan tanpa bahan kimia dan hanya mengeringkan tanpa mengurangi rasa dan kandungan gizi-nya. Ikan yang diolah dengan menggunakan mesin Sanggai ini sesegera mungkin dimasukkan dalam wadah kedap udara dan selanjutnya dapat bertahan hingga satu tahun jika dimasukkan dalam freezer dan bisa bertahan 3 bulan jika tidak dimasukkan dalam freezer. Ikan sanggai selanjutnya dapat diolah oleh masyarakat untuk semua jenis masakan. Jika ingin digoreng bisa langsung digoreng, jika didendeng bisa langsung diolah, dan bisa dimasak dengan resep apapun seperti ikan biasanya. Ikan sanggai ini sangat cocok digunakan sebagai stok makanan baik untuk ibu rumah tangga ataupun anak kosan tanpa khawatir bahan pengawet. Selain itu, Ikan sanggai juga dapat dijadikan oleh-oleh khas Jambi yang bisa di bawa ke mana-mana tanpa khawatir busuk.

Tujuan utama dari program ini awalnya memang ingin membantu masyarakat Teluk Kenali dalam mengatasi masalah jika ikan-ikan tidak laku terjual. Ikan-ikan yang tidak laku terjual tentu saja akan segera membusuk paling lama dalam dua atau tiga hari. Kondisi ini tentu membuat nelayan ikan merugi. Oleh sebab itu, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan teknologi mesin sanggai sehingga masyarakat teluk kenali tidak lagi khawatir ikannya membusuk. Secara tidak langsung, program ini menghasilkan produk olahan ikan khas Kota Jambi yang berpotensi menjadi Ikon Terkini Kota Jambi.