Rabu, 29 November 2017 - 22:17:40 WIB
KPK Tetapkan Pj Sekda, Pj Kadis PUPR, Asisten III dan Supriyono Sebagai Tersangka
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Hukrim - Dibaca: 37 kali

Media jambi.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 4 orang tersangka dalam kasus penyuapan RAPBD Provinsi Jambi 2018. “Sampai saat KPK telah menetapkan empat orang tersangka dalam perkara suap tersebut,” ujar Komisioner KPK, Basaria Panjaitan.

Empat orang yang ditetapkan tersebut masing-masing Supriyono Anggota DPRD Provinsi Jambi, Erwan Malik Plt Sekda Provinsi Jambi, Arpan Plt Kadis PUPR dan H Saipuddin Asisten III Setda Provinsi Jambi. Sementara, dalam rangkaian OTT, KPK mengamankan 16 orang.

Dari 16 orang tersebut berasal dari anggota Dewan, Pejabat Pemprov Jambi dan kalangan swasta. KPK juga menyita uang dari beberapa tempat sebanyak Rp 4,7 miliar dari Rp8 miliar yang dijanjikan. Ada 12 orang yang ditangkap di Jambi dan 4 orang di Jakarta," ucapnya.

Uang akan dibagikan kepada anggota tersebut sebagai ucapan terima kasih ketok palu dalam memuluskan RAPBD 2018. Semula dewan tidak akan hadir dalam pengesahan tersebut, namun dijanjikan akan ada imbalan Rp8 miliar.

Tiga eksekutif yakni Erwan Malik, Arpan dan H Saipuddin bertindak sebagai pemberi suap dan Supriyono anggota dewan sebagai penerima suap. Mereka ditangkap di sebuah restoran di kawasan Simpang Pulai Jambi saat menyerahkan uang kepada angggota dewan.

Diduga pemberian uang suap dengan tujuan agar anggota DPRD Provinsi Jambi bersedia hadir untuk pengesahan RAPBD Tahun Anggaran 2018. Uang tersebut disiapkan sebagai uang ketok palu dewan, karena sebelumnya diketahui Anggota DPRD Provinsi Jambi berniat tidak hadir untuk membahas rancangan anggaran tersebut.(mas/yen)