Selasa, 12 Desember 2017 - 09:21:31 WIB
Tingkatkan Gizi Siswa PT Frisian Flag Indonesia Sukses Tingkatkan Peran Guru
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 98 kali

Mediajambi.com - Merek susu terkenal di Indonesia Frisian Flag tahun ini kembali mengadakan program edukasi gizi anak usia sekolah 2017 yang bertajuk "Gerakan Nusantara" minum susu tiap hari untuk anak cerdas aktif Indonesia. Acara berlangsung di SD 09 Kota Jambi dan dihadiri Corporate Affairs Dorector PT Frisian Flag Indonesia Andrew F Saputro, Manager CSR Refa Gryanda, Kadis Pendidikan Kota Jambi Arman, dari pusat kajian gizi dan kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia DR drg Sandra Fikawati MPH dan kepala sekolah SD 09 Roslaini.

Dalam sambutannya, Andrew F Saputro mengatakan Gerakan Nusantara (Gernus) dirancang mendukung sosialisasi Pedoman Gizi Seimbang (PGS) dan agenda global sustainable Development Goals (SDGs) untuk mewujudkan kehidupan sehat dan sejahtera dengan mengakhiri kelaparan dan malnutrisi hingga tahun 2023. "Kami berupaya swdiakan gizi terbaik melalui peningkatan pengetahuan masyarakat tentang asupan gizi seimbang, terutama bagi anak-anak agar mereka dapat meraih potensi tertinggi," j

Arman menyambut baik acara yang dilakukan PT Frisian Flag, karena memberikan manfaat bagi guru dan siswa sekolah. Ia mengatakan Gerakan Nusantara merupakan contoh kerjasama yang baik antara industri, pemerintah dan akademisi. "Kami sangat senang dapat mendukung program ini, yang berjalan berdampingan dengan misi Kami yakni meningkatkan upaya penyediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan, peningkatan mutu dan daya saing serta kepastian dalam pelayanan pendidikan secara efisien dan efektif," jelas Arman.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan talkshow yang menampilkan Refa Gryanda bersama Sandra Fikawati. Dalam paparannya, Refa menjelaskan alasan kenapa Gerakan Nusantara ini baru dilaksanakan tahun 2013. "Sebenarnya, PT Frisian Flag sebelum program ini telah banyak menjalankan program serupa dengan nama dan tema berbeda. Gernus ini dilakukan setelah ada hasil survei South East Asia Nutrition Survey yang dilakukan Frisian Campina di negara-negara Asia Tenggara tentang status gizi anak usia 0 samapi 12 tahun," jelas Refa.

Gernus telah melakukan Training of Training (ToT) bagi guru yang menjangkau 749 SD di pulau Jawa dan Sumatera yang didukung kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dinas pendidikan setempat. Hal ini dilatarbelakangi hasil studi Knowledge, Attitude, Practice (KAP) 2016 dari FFI dan Pusat kajian gizi fakultas Kesehatan Masyarakat UI, yang menunjukkan pentingnya peran guru dalam edukasi gizi komprehensif sebagai informan utama siswa dan orangtua khususnya dalam mendorong pencapaian status yang baik pada anak Indonesia.

Gernus telah suskes meningkatkan peran guru melalui kegiatan ToT yang menjangkau 749 sekolah, 2.289 guru serta 498.852 siswa/i SD yang tersebar di 24 kota di DKI Jakarta, Jabar Jateng dan Jogjakarta. Dan untuk pertama kalinya di Sumatera yakni Riau, Jambi dan Sumbar.

Andrew F Saputro menambahkan, Khusus di Kota Jambi, FFI berhasil mengedukasi 90 guru dan 22.206 siswa SD. "Kegiatan diantaranya edukasi dan pelatihan bagi guru mengenai Pedoman Gizi Seimbang, pola hidup sehat dan aktif, kebaikan susu bagi tubuh, pemaparan dan edukasi di dalam kelas bagi gurudan siswa, aktifitas luar sekolah, pembagian sampel susu hingga pemantauan berkala," pungkas Andrew. (mas/ade/yen)