Rabu, 20 Desember 2017 - 18:58:24 WIB
Sektor Perkebunan Masih Jadi Andalan
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Pertanian - Dibaca: 52 kali

Mediajambi.com - Subsektor perkebunan merupakan andalan bagi perkembangan pereekonomian Provinsi Jambi. Pasalnya ada sekitar 660.198 kepala keluarga petani yang menggantungkan hidup dari sektor ini dengan luasan lahan 1,8 juta hektar. Hal ini terungkap pada peringatan hari perkebunan ke 60 tahun 2017 di Desa Talang Bukit, Kecamatan Bahar Utara Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (20/12/2017).

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal mengatakan guna mewujudkan tujuan pembangunan perkebunan, program Dinas Perkebunan yaitu peningkatan nilai tambah, daya saing dan pemasaran produk dan peningkatan produksi serta teknologi budidaya  perkebunan.

“Program peningkatan nilai tambah, daya saing dan pemasaran produk merupakan program hilirisasi. Kegiatan ini mendorong petani agar mampu memproduksi bahan baku industry yang bermutu sesuai permintaan pasar,” ujarnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada petani berupa bangunan unit pengolahan karet lengkap, bangunan unit pengolahan hasil tebu dan bangunan pengolahan kelapa, peralatan pengolahan kopi, pinang dan bahan pembeku latek ramah lingkungan.

Khusus untuk kopi kata Agus tahun 2017 ini telah menorehkan prestasi berupa perolehan sertifikat Indikasi Georafis (IG) sebagai hak kekayaan intelektual yakni kopi Arabika Sumatra Kerinci. “Sebelumnya juga telah diperoleh sertifikat untuk kopi Liberika Tungkal Komposit serta kayu manis kerinci,” ucapnya.

Bahkan kata dia masyarakat perlindungan IG telah membawa kopi arabika kerinci mengikuti kontes kopi spesialis Indonesia ke 9 tahun 2017 dan menjadi juara ditingkat nasional.

Selanjutnya program peningkatan produksi dan teknologi budidaya perkebunan berupa pembibitan tanamam perkebunan, demplot peremajaan kelapa sawit, intensifikasi karet rakyat, pengembangan dan diversifikasi usaha tembakau.

Gubernur Jambi H Zumi Zola mengapresiasi acara ini karena akan berdampak pada perekonomian provinsi Jambi. “Sektor perkebunan masih menjadi komoditi andalan Provinsi Jambi,” ujarnya.

Komoditi kepala sawit saat ini hamper 60 ribu hektar perlu diremajakan. Pemerintah telah membantu melalui APBD dengan luasan 75 hektar. “Kita sama-sama lihat produktivitas mulai menurun,” ujarnya.

Pemerintah baik pusat provinsi maupun kabupaten telah memberikan perhatian terhadap berbagai aspek sesuai dengan kemampuan fiscal. Gubernur juga menyerahkan bibit, kendaraan roda dua dan alat berat kepada petani.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal perkebunan Dedi Gunadi, sejumlah Kepala OPD setda Provinsi Jambi, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno dan asosiasi pekebun Provinsi jambi.(mas)