Kamis, 28 Desember 2017 - 17:26:39 WIB
Pemkot Jambi Luncurkan e-Planning
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 216 kali

Mediajambi.com- Pemerintah Kota Jambi  melounching  system perencanaan pembangunan daerah secara eloktronik, system tersebut dinamakan e-planning persi 2.0. Sistem ini menghindari adanya proyek abal-abal.

Doni Iskandar, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Jambi mengatakan,sebelumnya sudah ada e-planning persi 1 yang dikenal Simreda, sistim tersebut masih setengah terbuka. Keterlibatan masyarakat secara langsung tidak ada, sehingga dilakukan pembaharuan.

e-planning persi 2.0 nantinya bersifat langsung, masyarakat bisa mengusulkan secara langsung dan dapat dibahas. Dengan like terbanyak usulan tersebut jadi prioritas.

“Pemerintah secara tidak langsung juga dapat menghitung anggaran, karena sudah ada e-budgeting didalamnya,” kata Doni.

Dengan adanya e-planning ini, Pemerintah  tidak perlu lagi mencari titik mana saja yang perlu dibangun. “Paling tinggal verifikasi saja. Jadi proyek yang dibangun memang kebutuhan masyarakat. Prioritasnya sudah bisa nampak,” imbuhnya.

Nantinya, satu pemegang Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) Kota Jambi bisa mengusulkan suatu pembangunan, dengan meregistrasi melali NIK e-KTP. Jika likenya tertinggi, jelas itu menjadi pembangunan yang prioritas. “Likenya nanti dari masayarakat. 1 NIK 1 like,” ujarnya.

Untuk peluncuran e-planning tinggal finalisasi. Saat ini masih terkendala dengan database kependudukan yang tidak online.

“Ini lagi kita rampungkan. Kita buat database sendiri, sudah 700 ribuan yang baru terdaftar, tapi belum diinput dengan benar,” jelasnya.

Karena masih tahap finalilasi sebut Doni, situs belum bisa dipublikasikan. “Direncanakan lounching awal Januari,” pungkasnya. (yen)