Selasa, 09 Juni 2015 - 19:58:11 WIB
PBB Salah Satu Syarat Masuk Sekolah Dasar
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 622 kali

Mediajambi.com - Berdasarkan surat edaran dari Walikota Jambi SY Fasha, untuk tahun ajaran baru tahun 2015, setiap murid yang mendaftar selain ketentuan lainnya murid juga harus mencantumkan foto copi pelunasan PBB tahun 2015 ini. Hal ini membuat para masyarakat protes, kalau tidak ada PBB berarti anak saya tidak bisa bersekolah.

Debi (34) warga Jalan Cut Mutia 4,  merasa terkejut tiba pulang dari SD 1 yang niat dia ingin memasukkan anaknya sekolah di SD 1 dan setelah bertanya-tanya kepada pihak sekolah syarat-syarat lainnya namun yang membuat dia heran mengapa harus menyertakan pelunasan PBB segala.

Teryata hal ini tidak hanya omong kosong,masalah ini di iyakan Sekretaris Kota Jambi Daru Pratomo dan Kadis Diknas Kota Syaiful Huda. Berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Jambi Nomor 973/1901/sekre/2015. Dengan dasar surat Walikota Jambi Nomor 973/578/Dispenda tanggal 18 Mei 2015 perihal surat edaran.

Walikota Jambi yang menyatakan calon peserta didik baru, harus mencantumkan foto copy bukti lunas Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun 2015.

Menurut Daru Pratomo, PBB itu merupakan suatu kewajiban dan tanpa dikaitkan dengan penerimaan murid baru tapi PBB itu kewajiban yang harus dibayar, semua itu untuk menambah PAD Kota Jambi. " Walau statusnya rumah kontrakan atau milik sendiri harus wajib membayar PBB, hal itu salah satu upaya untuk masyarakat yang sadar akan pajak," ujar Sekda Kota.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Syaiful Huda saat dikonfirmasi, membenarkan adanya surat edaran tersebut. Menurutnya, surat edaran itu dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat Kota Jambi untuk membayar pajak. "Iya betul ada surat edaran itu. Kami berharap dengan adanya edaran itu, masyarakat jadi sadar akan pentingnya bayar pajak, tidak ada maksud lainnya," kata Syaiful Huda.(yen)