Rabu, 10 Juni 2015 - 16:06:59 WIB
Wagub Jambi Begelar Adipati Setio Neraco Agamo
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 821 kali

Mediajambi.com- Wakil Gubernur Jambi Dr H Fachrori Umar dianugerahi gelar adat Melayu Jambi dengar gelar  Adipati Setio Neraco Agamo. Penganugerahan gelar adat  Melayu Jambi ini dilakukan Lembaga adat Melayu  (LAM) Provinsi Jambi bersama 25 orang lainnya yang dianggap berjasa dalam bidang pembangunan dalam Provinsi Jambi, Rabu pagi 10 Juni 2015 di Gedung Lembaga Adat Melayu Jambi.

Gubernur Jambi, Wakil Gubernur (Wagub), H.Fachrori Umar dianugerahkan Gelar Adat Melayu oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi, dalam acara Penganugerahan Gelar Adat Melayu dan Penghargaan Karang Setyo, bertempat di Kantor LAM Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Rabu (10/6).

Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) selaku Pembina Adat Melayu Jambi, Datuk Temenggung Jayodiningrat menyisipkan Keris Pusako. Mengalungkan Pusako Undang Teliti Negeri, dan menyerahkan piagam dan surat keputusan LAM tentang Penganugerahan Gelar Adat Melayu kepada para penerima gelar adat Melayu tersebut.

Dalam sambutannya, gubernur menyatakan, penganugerahan gelar adat dan Karang Setyo sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2014 tentang lembaga Adat Melayu Jambi berada pada Lembaga Adat Melayu Jambi sesuai dengan tingkatannya, dengan tetap dilakukan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.

Dikatakannya penganugerahan gelar adat Melayu dan Karang Setyo tersebut, merupakan wujud nyata dari tatanan dan tata nilai hukum adat yang tidak tertulis tetapi menjadi ico pakai masyarakat adat itu sendiri. “Hukum adat yang ada ditengah masyarakat merupakan aturan yang tidak tertulis akan tetapi dipatuhi oleh kaumnya,” ujar HBA.

Untuk itu HBA berharap kepada seluruh bupati/walikota selaku kepala daerah yang pada dirinya melekat fungsi pemangku adat di daerahnya dapat memberikan dan memberdayakan institusi lembaga adat di daerahnya, dapat memberikan dan memberdayakan institusi lembaga adat dan tatanan adat istiadat di daerahnya masing-masing, maupun sebagai tata nilai berkearifan lokal jati diri dan marwah perilaku kehidupan masyarakat melayu Jambi.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, baik gubernur maupun Wagub pada dasarnya mengharapkan agar peran adat dalam pembangunan semakin meningkat dan semakin baik lagi

Wagub menghimbau semua masyaraakat, khususnya pemuda pemudi untuk mengindahkan kaidah-kaidah adat dan melestarikan nilai-nilai adat tersebut.

Ketua LAM Provinsi Jambi, H Hasip Kalimuddin Syam, dalam sambutannya pada intinya megharapkan agar LAM terus berperan dalam pembangunan.(mas)