Rabu, 07 Maret 2018 - 20:04:28 WIB
Gubernur Serahkan Alat Berat Untuk Kabupaten Merangin
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 186 kali

Mediajambi.com - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli, kembali menyerahkan Bantuan Alat Berat Dari Pemerintah Provinsi Jambi Kepada Kabupaten Merangin yang merupakan salah satu program unggulan dari Jambi TUNTAS, bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin , Rabu (07/03) pagi.

Bantuan alat berat yang diberikan Pemerintah Provinsi Jambi untuk Kabupaten Merangin sebanyak 2 unit untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pamenang mendapatkan bantuan alat berat berupa 1 unit backhoe loader dan Kecamatan Jangkat mendapatkan bantuan alat berat berupa 1 unit eskavator.

"Semua  Kecamatan akan mendapatkan bantuan alat berat secara bertahap, pertahunnya setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi akan mendapatkan bantuan alat berat sejumlah 2 unit untuk 2 Kecamatan. Kecamatan yang ditunjuk adalah kecamatan yang dipilih oleh Bupati dan Walikotanya, berdasarkan rekomendasi dari para Camat di Kabupaten/Kota masing masing," ujar Zola.

Gubernur Zola menjelaskan, bantuan alat berat yang diberikan kepada Kecamatan se Provinsi Jambi ini jenisnya berbeda beda, tergantung dengan kebutuhan daerahnya masing masing. Alat berat yang diberikan sesuai dengan rekomendasi dari Bupati dan Walikota se Provinsi Jambi yang mengetahui alat berat yang memang sangat dibutuhkan oleh Kecamatannya.

"Pemberian bantuan alat berat ini sebelumnya sudah terlebih dahulu dikaji dan merupakan rekomendasi dari Bupati dan Walikota. Bupati dan Walikota yang merekomendasikan alat berat untuk Kecamatannya tentu hasil dari aspirasi para Camat, Lurah dan Kepala Desa yang benar benar memahami karakteristik wilayahnya," jelas Zola.

Gubernur Zola mengharapkan, alat berat yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi bisa digunakan sebaik baiknya, dengan membuat jadwal pemakaian, sehingga setiap desa bisa memanfaatkannya secara bergiliran. Penggunaan bantuan alat berat ini juga diharapkan melibatkan tokoh masyarakat, sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

"Saya juga berpesan untuk menjaga dan merawat bantuan alat berat yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Jambi. Semoga bantuan alat berat ini bisa lebih mendorong potensi yang ada serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Merangin ini," tutur Zola.

Gubernur Zola mengatakan, selain bantuan alat berat, Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bantuan keuangan sebesar Rp.60 juta setiap Kelurahan dan Desa se Provinsi Jambi. Terkait penggunaan dana bantuan keuangan sebesar Rp.60 juta, Rp.40 juta digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan 20 juta digunakan untuk penguatan kelembagaan.

Lebih lanjut, Gubernur Zola menyampaikan pesan dari Bapak Menteri Dalam Negeri, dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan oleh Kabupaten Merangin pada tahun 2018, meminta kepada seluruh masyarakat Merangin untuk menjaga kondisi Kabupaten Merangin agar tetap kondusif, jangan sampai ada gesekan yang bisa menimbulkan konflik.

"Saya juga mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jangan sampai memihak kepada salah satu pasangan calon, karena sanksinya sangat berat sekali," tegas Zola.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Merangin, H.Husairi,S.IP, ME mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan bantuan alat berat untuk setiap Kecamatan di Kabupaten Merangin. Semoga penyerahan bantuan alat ini bisa digunakan sebaik baiknya dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya Kabupaten Merangin.

"Alat berat yang kami terima sesuai dengan permintaan masyarakat melalui usulan Camat. Untuk Kecamatan Pamenang berupa backhoe loader karena akan digunakan untuk menata kawasan di Kecamatan Pamenang, sedangkan untuk Kecamatan Jangkat berupa eskavator karena akan digunakan untuk membuka jalan serta Kecamatan Jangkat sering terjadi bencana tanah longsor," terang Husairi. (mas)