Kamis, 22 Maret 2018 - 06:58:35 WIB
Dinsos Kota Jambi Bina 11 Anak Punk
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 145 kali

Mediajambi.com- Dinas Sosial Kota Jambi, kembali lakukan pembinaan bagi 11 anak punk yang beberapa waktu lalu terjaring oleh Satpol PP Kota Jambi.

Dikatakan Kasi pelayanan dan rehabilitas dan korban Napza Hasan Ashari, bahwa tahun 2017 pihaknya membina sekitar 22 orang anak punk. Sementara untuk tahun 2018 pihaknya mengganggarkan untuk 80 anak punk, dengan anggaran sekitar 120 Juta.

"Sebelumnya dilatih di Batalyon 142, tapi karena hanya 11 orang maka cukup dilatih di Dinas Sosial kota Jambi saja," katanya.

Anggaran Rp 120 juta tersebut termasuk didalamnya pakaian seragam, makan dan minum selama empat hari, pembinaan, sendal dan sepatu, serta alat untuk mandi. "Kita lihat selama empat hari disini, mereka sudah tidak bau badan lagi dan secara fisik mereka sudah dilatih dengan baik, dan banyak perubahan lain yang kita lihat baik dari segi fisik, mental, serta rohani" katanya.

Hasan menyebutkan bahwa semakin sedikit anak punk yang yang ditangkap maka akan semakin baik. Karena selama ini yang diketahui oleh warga anak punk seringkali meresahkan warga.

"Kalau semakin dikit anak Punk yang berkeliaran di kota Jambi tentunya akan semakin baik untuk keamanan masyarakat sekitar," ujarnya.

Jika sampai akhir tahun 2018 jumlah anak punk yang ditahan di dinas sosial kota Jambi tidak mencapai 80 anak. Maka sisa anggaran akan dikembalikan lagi ke kas daerah.

Setelah dilatih selama empat hari 11 anak punk ini akan dikembalikan ke orang tuanya. Bagi anak punk yang berada di kota Jambi maka akan dijemput oleh keluarga atau orang tuanya. Sementara bagi anak punk yang berada di luar kota Jambi akan diberi ongkos untuk pulang kerumah orang tuanya.

"Jika dari 11 anak punk ini ada yang mengulangi lagi perbuatannya maka akan diberi hukuman oleh pelatihnya. Tapi, saat ini belum ada hukum yang bisa menjerat anak punk ini, kecuali mereka berbuat salah seperti mencuri," katanya. (yen)