Senin, 26 Maret 2018 - 08:22:36 WIB
Komisi II DPRD Kota, Ingatkan Dishub, Masalah Parkir Ditrotoar
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 127 kali

Mediajambi.com- Pemerintah Kota Jambi harus serius untuk pembenahan pasar. selain penataan pedagang, parkir juga menjadi pekerjaan rumah. Kini di kawasan pasar Kota Jambi, khususnya di Jalan Sam Ratulangi parkir masih bebas di atas trotoar jalan.

"Yang memarkirkan kendaraan disana adalah para pemiliki ruko. Mereka berkilah tidak ada tempat parkir khusus yang disediakan pemerintah. Sehingga trotoar jalan yang peruntukannya untuk pejalan kaki diduduki oleh kendaraan mereka," ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi Umar Faruk.

Belum lama ini kata dia Komisi II DPRD Kota Jambi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak). Melihat langsung kondisi kesemrawutan pasar. Mulai dari barang dagangan hingga kendaraan terlihat menutupi trotoar.

Dikatakannya, di pasar Kota Jambi trotoar jalan merupakan hak pejalan kaki sudah direnggut. Tidak ada space untuk pejalan kaki, trotoar sudah ditutupi barang dagangan dan kendaraan.

Mengenai parkir di trotoar, Faruk menyebutkan pihaknya akan segera memanggil Dinas Perhubungan Kota Jambi untuk mempertanyakan hal tersebut. “Ini nyata ada rambu-rambu dilarang parkir. Sementara masih parkir kendaraan disini, bahkan di atas trotoar,” kata politisi Gerindra tersebut.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Dinas Perhubungan sudah menempatkan petugas dikawasan tersebut. “Ini yang kita tanyakan, dimana permasalahannya, apakah petugas yang salah, tidak menjalankan apa yang sudah dibuat oleh Dishub sendiri,” imbuhnya.

“Ini jelas sekali, kita sudah turun, melihat langsung kejadian dilapangan. Kita akan panggil Dishub. Alasan apa yang akan dia berikan nanti. kejadian ini jelas depan mata," ujarnya.

Sebenarnya sebut Faruk, sudah disediakan tempat-tempat khusus parkir di kawasan pasar Kota Jambi. “Terlepas itu jauh atau dekat dari toko pedagang. Itulah sarana yang kita sediakan. Itulah resiko pemilik ruko. Keamanan saya yakin aman. Selama ini belum ada keluhan masyarakat ada motor yang hilang dan rusak,” tuturnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi  Saleh Rido mengatakan, tempat parkir di kawasan pasar Kota Jambi memang masih kurang, sehingga depan ruko dijadikan tempat parkir.

“Memang tempat parkir mereka didepan ruko masing-masing. Tempatnyo disitulah, dimano lagi, tempat parkir kito dakdo,” kata Saleh Ridho ketika dikonfirmasi, kemarin (25/3/2018).

Makanya sebut Saleh, Pemerintah Kota mewacanakan untuk membangun gedung parkir di sejumlah kawasan, salah satunya adalah kawasan Pasar Kota Jambi.

“Itu memang baru wacana, harapannya itu bisa terealisasi,” pungkasnya.(yen)