Selasa, 10 April 2018 - 18:33:49 WIB
Sebanyak 338 Koperasi di Kota Jambi Tidak Aktif
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 95 kali

Mediajambi.com- Hingga saat ini tercatat sebanyak 338 Koperasi yang tidak aktif di Kota Jambi. Sebagian besar karena para anggotanya yang tidak aktif dalam  melakukan proses simpan pinjam. Hal ini diungkapkan oleh Syahril Samingin, Kepala 

 Tenaga kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi bahwa di 2018 ini, direncanakan pihaknya juga akan membubarkan beberapa koperasi yang dianggap tidak aktif.

Dikatakan Syahril bahwa berdasarkan data, jumlah koperasi di Kota Jambi ada 717 koperasi. Dari jumlah tersebut, hanya 379 koperasi yang aktif di Kota Jambi. Dan selebihnya, sebanyak 338 koperasi dinyatakan tidak aktif. “Dari sebanyak 379 koperasi yang aktif tersebut, ada sekitar 23 koperasi syariah yang aktif di Kota Jambi.

“Kemungkinan besar jumlah koperasi syariah ini akan bertambah. Bahkan mereka yang awalnya membangun koperasi conventional, akan beralih ke koperasi syariah,”ujarnya.

Yuda,Kabid Koperasi Dinas Tenaga kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi menambahkan bahwa pada 2016 lalu, ada 86 koperasi yang sudah dibubarkan. Sedangkan pada 2017 ada sebanyak 50 koperasi yang juga sudah dibubarkan. “Untuk pembubaran koperasi itu langsung atas persetujuan dari pusat. Kita daerah hanya mengajukan saja,”bebernya.

Dikatakannya bahwa ada beberapa penyebab koperasi tersebut tidak aktif. Diantaranya pengelolaan keuangan yang tidak baik keanggotaan yang tidak aktif serta roda perputaran uang yang tidak rakus sehingga koperasi tersebut ditetapkan sebagai operasi yang tidak lagi aktif dalam proses koperasi

Sedangkan saat ini ada sekitar 379 koperasi yang aktif yang tersebar di kota Jambi. Koperasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masing-masing anggotanya. Ini karena koperasi memang diharapkan sebagai tonggak untuk meningkatkan ekonomi anggota melalui proses simpan pinjam dan lainnya. "Kita berharap koperasi bisa terus aktif. baik dalam proses keuangan maupun anggotanya,"bebernya.

Saat ini untuk SHU koperasi yang tertinggi setiap tahunnya adalah sebesar 2,8 miliar. Ini menjadi salah satu koperasi yang terbaik di kota Jambi. "Koperasi yang seperti inilah yang akan terus kita dukung,"bebernya. (Yen)