Kamis, 26 April 2018 - 09:42:33 WIB
Jelang Ramadhan Pemprov Jambi Antisipasi Kenaikan Harga Pangan
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Eko/Bisnis - Dibaca: 128 kali

 Mediajambi.com - Pemerintah Provinsi Jambi akan rutin menantau ke pasar-pasar tradisional di daerah itu sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat tersedia menghadapi bulan ramadhan tahun ini. "Ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat harus tercukupi ketika momentum seperti hari keagamaan agar harga tidak mengalami kenaikan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto.

Saat ini kata Dianto, Pemprov Jambi juga tengah melakukan analisis ketersediaan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi itu.  "Dalam menghadapi hari besar keagamaan yakni bulan puasa dan lebaran, Tim Satgas pangan juga akan memantau seluruh pasar tradisional yang ada di Jambi guna menekan kenaikan harga," katanya menjelaskan.

Dianto juga berharap pemerintah kabupaten/kota termasuk masyarakat untuk dapat juga memantau agar ketersediaan pangan selalu tercukupi dan harga tetap stabil.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi mengatakan ketersediaan pangan yang mencukupi menjadi salah satu tugas penting Dinas Ketahanan Pangan baik provinsi maupun kabupaten/kota serta dibantu masyarakat.

Amir mengatakan setiap tahun menjelang hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran, ketersediaan pangan selalu dianalisa agar dapat diketahui mana yang menjadi kebutuhan masyarakat selama ini. "Berdasarkan analisa, masyarakat di Provinsi Jambi masih ketergantungan kepada padi-padian dan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh," katanya.

Selain itu pihaknya sudah melakukan rakor pangan se-provinsi bersama pihak terkait dalam memenuhi stok pangan guna kebutuhan saat bulan ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

"Dan saat ini kita sedang melakukan kajian dengan distributor di Jambi untuk mengantisipasi kekurangan stok dan kenaikan harga," katanya.(mas)