Jumat, 27 April 2018 - 08:14:45 WIB
Budidaya, Akan Ada Perbaikan Dari PUPR Kota
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 46 kali

Mediajambi.com - Terkait bocornya Insatalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) yang berada di RT 14 Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, Sekda Kota Jambi Budidaya angkat bicara. Menurutnya, IPAL yang merupakan proyek Sanimas bantuan International Development Bank atau Bank Dunia (IDB) tersebut akan segera diperbaiki oleh Dinas PUPR Kota Jambi. Sebab, tim dari Dinas PUPR Kota Jambi sudah mengecek kondisi di lapangan sekaligus sudah melakukan pertemuan bersama warga dan pihak kelurahan serta kecamatan.

“Untuk kebocoran IPAL tersebut segera ditindaklanjuti. Dalam waktu dekat akan langsung diperbaiki salurannya. Tim dari Dinas PUPR Kota Jambi sudah turun,”ujarnya, Kamis (26/4).

Dikatakan Budidaya bahwa setelah dilakukan pertemuan dengan warga, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Lurah dan Camat, perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat dalam penggunaan IPAL Komunal agar bisa digunakan dengan baik. Warga dilarang membuang apapun selain air dan tinja kedalam IPAL. Sebab, berdasarkan investigasi dari pihak Dinas PUPR didapat bahwa IPAL yang bocor tersebut karena air didalam IPAl tidak bisa mengalir dengan lancar karena banyaknya sampah seperti pembalut wanita,popok bayi hingga pakaian.

“Karena alirannya tersumbat, makanya salah satu salurannya bocor karena tidak bisa lagi menampung limbah. Kami juga meminta kesadaran dari masyarakat agar bisa menjaga apa yang sudah dibangun oleh pemerintah. Tentu inikan untuk kebaikan semua pihak,”bebernya.

Budidaya juga mengatakan bahwa akan dibuat jadwal khusus untuk penyedotan tinja dari dalam IPAL tersebut. Sebab, semenjak dibangun, baru satu kali dilakukan penyedotan. “Untuk itu harus dibuat jadwal penyedotan dan pembersihan itu secara rutin. Misalnya tiga atau empat bulan sekali. Karena inikan penampung kotoran dari puluhan hingga ratusan rumah,”bebernya.

Farti Suandri, Kepala Dinas PUPR Kota Jambi menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan investigasi dan hasilnya akan segera dilakukan perbaikan disaluran yang bocor tersebut. “Ada saluran yang tersumbat dan segera kita lakukan perbaikan. Tim kita juga sudah turun,”tambahnya.

Farti juga menambahkan pembersihan kawasan sekitar IPAL tersebut juga akan dilakukan bersama warga dan Pemkot Jambi. Ini agar kawasan tersebut kembali bersih dan tidak bau lagi. “Kita sudah bertemu dengan perwakilan warga dan kita segera lakukan perbaikan saluran tersebut. Sementara warga sekitar akan menggelar gotong royong bersama sama,”bebernya. (Yen)