Selasa, 01 Mei 2018 - 11:08:20 WIB
BKIPM Gelar Pelaku Budidaya Ikan
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 105 kali

Mediajambi.com - Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi,mengadakan diskusi pelaku usaha pembudidaya ikan (UUPI) tentang CKIB,CBIB dan CPIB, Senin (30/4) di Aula SKIPM Jambi.

Acara kegiatan diskusi yang diikuti oleh 25 orang pelaku Unit Usaha Pembudidaya Ikan yang ada di Kota Jambi, yang terutama terdiri dari Pelaku usaha ikan hias ada juga perwakilan dari Penyedia Jasa Ekpedisi serta Pemasok Ikan Segar di Kota Jambi.

Materi sosialisasi yang disampaikan BKIPM terbagi dalam tiga sesi, yaitu tentang Sosialisasi pengendalian  Penyakit ikan dan penerapan CKIB oleh Miftahul Fikar Ultira,S.St.Pi, lalu selanjutnya tentang cara penangganan ikan yang baik berdasarkan konsep HACCP yang disampaika. Oleh Melita Bahnan,A.Pi, serta sosialisasi tentang pengawasan Media Pembawa Perikanan yang dilalulintaskan dan Peraturan Perundangan yang berlaku oleh Mario Ari Yudistira,S.St.Pi dan selanjutnya diadakan juga sesi tanya jawab dan diskusi antara pelaku usaha dan Narasumber.

Dikatakan Kepala BKIPM Jambi Ade Samsudin,  kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada seluruh Pelaku Unit Usaha Pembudidaya Ikan, terkait tugas dan fungsi (TUSI) petugas karantina Ikan. TUSI ini dilaksanakan di bidang pelayanan sertifikasi kesehatan ikan dan mutu, pemeriksaan laboratorium, pengawasan, dan inspeksi (CKIB dan CPIB), yang berlandaskan Undang-undang dan Peraturan Perikanan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.(yen)