Rabu, 02 Mei 2018 - 09:47:50 WIB
Puluhan Massa Tuntut Pemerintah Awasi Kesejahteraan Buruh 
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 172 kali

Mediajambi.com - Aksi simpatik hari buruh Jambi masa tuntut kesejahteraan pekerja dan fasilitas yang dimotori oleh sejumlah elemen pergerakan mahasiswa, seniman dan beranda perempuan, Selasa (1/5/2018) sekitar pukul 15.30 wib di Bundaran Tugu Juang.

Ketua Fron Mahasiswa Nasional (FMN), Deade mengatakan dalam orasinya meminta pemerintah untuk melakukan pemantauan terhadap para buruh yang saat ini banyak tidak mendapat kesejahteraan baik dari segi pendapatan maupun segi lainnya.

"Pemerintah untuk benar-benar memperhatikan kesejahteraan para buruh. Semua buruh berhak untuk mendapatkan baik yang ada dilapangan maupun yang ada di kantoran," ungkapnya.

Selain kesejahteraan, Deade juga menyoroti persoalan gajih para karyawan  masih banyak perusahaan yang belum mencapai Upah Minimum Regional (UMR) manapun Umpah Minimum Provinsi (UMP) yang ada.

"Semua buruh berhak mendapatkan gajih sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika itu diabaikan pemerintah harus tegas terhadap perusahaan itu," ujarnya.

Selain Deade, Leni dari yayasan keadilan rakyat mengatakan selain kelayakan gaji yang harus dipenuhi oleh perusahaan, perusahaan harus memiliki kebijakan khusus bagi kaum perempuan.

"Harus memberikan hari libur kepada perempuan seperti libur melahirkan buka cuti, Haid (menstruasi) juga harus dilanjutkan karena mereka mengalami masalah," ucapnya. (Yen)