Selasa, 15 Mei 2018 - 06:28:55 WIB
BKIPM Dukung Kontes Jambi Louhan Competion
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 219 kali

Mediajambi.com- Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi sangat mendukung kegiatan Jambi Louhan Competion 2018 yang diadakan oleh (Pecinta Louhan Jambi (Pelobi) di Lippo Plaza mall Jambi, Minggu (13/5/2018).

Kompetisi tersebut dibagi dalam 11 kategori yaitu : Clasic, Golden Base, Free marking B, Free marking C, Prospect Ching Hua, Ching Hwa B, Ching Hwa C, Prospect Chencu, Chencu B, Cencu C, dan Bonsai, dengan memperebutkan hadiah berupa trophy, piagam dan uang pembinaan. Waktu penilaian kompetisi adalah tanggal 9-13 Mei 2018. Terdapat 139 ekor ikan yang diikutsertakan dalam kompetisi ini.

Ketua Pelaksana kegiatan Jambi Louhan Competion, Tavip Liduina dan Ketua Pelobi, Andry Apex menjelaskan bahwa, Louhan yang dilombakan terdiri dari  berbagai ukuran dan jenis. Jenis cencu atau umumnya popular dengan nama ikan louhan mutiara adalah ikan louhan yang paling sering dikonteskan.

Saat ini, louhan cencu terbagi dalam dua jenis, yaitu jenis klasik serta modern. Perbedaan dari kedua jenis ini terletak pada warna, ukuran dan mutiaranya. Warna dari jenis klasik cenderung lebih jelas jika dibandingkan jenis cencu modern.

"Jenis klasik juga memiliki ukuran badan yang lebih besar dibandingkan dengan modern. Hanya saja untuk cencu modern mutiaranya tampak lebih banyak dibandingkan dengan yang klasik," jelasnya.

Selain cencu, louhan jenis kamfa atau yang biasa dikenal dengan flower horn adalah jenis louhan yang juga tak kalah sering dikonteskan. Louhan jenis ini mudah dikenali karena siripnya lebih lebar dan lebih kaku dari jenis louhan lain.

Tavip Liduina berharap dengan diadakannnya kometisi ini, dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif yang mampu menyerap lapangan kerja. Selain itu kompetisi ini juga merupakan hobi yang bermuatan pendidikan, karena mulai dari anak kecil diajak untuk mencintai hewan dan lingkungan. Serta bagi orang dewasa bisa mengurangi tingkat stres selepas kerja.

Sementara itu salah seorang pecinta louhan mengatakan bahwa mendapat ketenangan saat memandang ikan louhan, ada banyak keistimewaan dari ikan ini, ada keunikan tersendiri pada bagian jenong dan sisik seperti mutiara atau keindahan warnanya. Bahkan jika beruntung, ada marking pada sisik louhan berwujud gambar ataupun tulisan.

"Hobi louhan itu hobi yang gak mainstream. Louhan itu bisa jadi sebagai penghilang stres, mungkin dengan cuma mandangin louhan di akuarium saja, penat bisa hilang," pungkasnya. (*/riles)