Senin, 21 Mei 2018 - 10:45:07 WIB
Tak Ada Tempat Relokasi PKL
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 97 kali

Mediajambi.com-  Ribuan Pedagang kaki Lima (PKL) membumi di Kota Jambi. Para PKL kerap memadati pusat keramaian, badan jalan dan trotoar jalan. Kucingan-kucingan dengan petugas Satpol PP sudah menjadi keseharian PKL.

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jambi gencar melakukan penertiban PKL. Sepanjang 2017 hingga April 2018, Satpol PP berhasil menekan tingginya volume PKL yang berjualan di kawasan yang dilarang . Persentasenya 89 persen dari 88 wilayah titik rawan PKL. Jumlah PKL yang berada di Kota Jambi lebih kurang 6.993.

Yan Ismar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jambi mengatakan, Satpol PP terus melakukan penertiban PKL yang memang melanggar Peraturan Daerah Kota Jambi nomor 12 tahun 2016. PKL yang berjualan di badan jalan, trotoar jalan akan ditindak.

Yan mengaku, untuk relokasi PKL memang menjadi kendala. Pihaknya tidak mempunyai program untuk penempatan PKL. Kewenangan tersebut ada pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi.“Kita hanya penindakan,” kata Yan Ismar.

Lebih lanjut Yan Ismar menyebutkan, hal tersebut tentu menjadi pemikiran Pemerintah Kota Jambi. Setiap Kota tentu memliki PKL, apalagi kota yang tengah tumbuh dan berkembang.

“Kita sudah mulai menata. Disamping Kejaksaan, Xaverius dan disamping Dinas UMKM. Sudah ada tempat PKL disana. Memang tempat-tempat yang disediakan Pemkot belum mampu menampung semua PKL yang ada,” imbuhnya.

Jumlah PKL yang ada di Kota Jmabi ribuan. Untuk dalam kawasan pssar saja ada 2000 an PKL. “Space untuk penempatan PKL sebanyak itu belum ada,” ujarnya.

Yan Ismar menyebutkan, salah satu upaya Pemerintah Kota Jambi untuk memberi ruang pada PKL yakni dengan dibuat kegiatan seperti Car Free Day, Car Free Naight dan even-event Kota Jambi.  “Itu salah satu upaya menampung PKL,” pungkasnya. (Yen)