Sabtu, 26 Mei 2018 - 09:18:31 WIB
Polda Jambi Naik Jadi Tipe A
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Hukrim - Dibaca: 54 kali

Mediajambi.com-  Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan beberapa alasan Polda Jambi naik tipe A. 

"Peningkatan ini dikarenakan beberapa faktor penilaian Mabes Polri, membawa dinamika yang terjadi di provinsi Jambi berkembang sangat pesat. Kemudian pembangunan yang berjalan cepat ini," ujar Tito dalam sambutannya saat peresmian polda Jambi menjadi tipe A, Jum,at  (25/5/2018) sore.

Hal di atas menurut Kapolri, adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan terjadinya gangguan keamanan, baik gangguan keamanan konvensional pencurian, baik jaringan pencurian pemberatan, pencurian kekerasan kemudian kejahatan terhadap Kekayaan Negara dan tindak pidana korupsi, masalah lingkungan hidup seperti masalah hutan tambang, penyelundupan dan lain-lain.

"Juga peristiwa-peristiwa kontigensi konflik antar kampung, pernah terjadi penyerangan markas Kepolisian. Bahkan beberapa waktu lalu, di perbatasan juga ada Polres yang terbakar oleh serangan kelompok tertentu."

"Termasuk juga peristiwa yang terakhir, menunjukkan adanya sel-sel terorisme yang ada di provinsi Jambi. Pertimbangan-pertimbangan ini, ditambah lagi dengan usulan dan aspirasi masyarakat yang datang ke Mabes Polri yang menghendaki agar terjadi perubahan atau kenaikan tipe," jelas jenderal bintang empat ini.

Peningkatan tipe ini tambah Tito, bertujuan agar pelayanan terhadap masyarakat di bidang keamanan, seiring dengan peningkatan gangguan-gangguan tersebut dapat menjadi lebih baik.

"Sehingga dengan situasi yang aman dan nyaman serta tertib, Kita harapkan pembangunan di provinsi Jambi akan berjalan dengan lancar."

"Pimpinan atau kepala daerah tingkat provinsi, kota dan kabupaten juga dapat melaksanakan tugasnya berkreasi dalam rangka untuk kepentingan rakyat, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Provinsi Jambi."

"Itulah kira-kira yang melatarbelakangi, sehingga Jambi setelah dilakukan assessment oleh menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, beserta tim dari Mabes Polri, maka Kita sepakati Jambi dinaikkan tipenya menjadi tipe A," pungkas Kapolri.

Kenaikan tipe ini nantinya ujar Kapolri, akan dibarengi dengan naiknya eselon para pejabat polda Jambi, dimana Kapolda Jambi akan menjadi bintang dua atau Inspektur Jenderal dan Wakapolda menjadi Brigjen.(yen)