Selasa, 05 Juni 2018 - 06:23:05 WIB
Amankan Pilkada, Pemkot Adakan Pembekalan Satlinmas
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 76 kali

Mediajambi.com-  Salah satu bentuk pelaksanaan pengamanan pilkada maka Pemerintah Kota Jambi adakan kegiatan Peserta Pembekalan anggota satlinmas petugas tempat pemungutan suara (TPS) dalam wilayah Kota Jambi pada satuan polisi pamong praja Kota Jambi, berlangsung di Aula Griya Mayang, Rumah Dinas Walikota Jambi, Senin (4/6). 

Kepala Satpol PP, Yan Ismar mengatakan, kegiatan ini mengusung tema "dengan sinergitas peran satlinmas kita wujudkan pemilu 2018 yang aman, tertib dan damai". 

"diikuti sebanyak 2.200 peserta dan nantinya akan berlangsung selama 4 hari dengan 1 harinya 1 angkatan. Bertujuan  agar mengetahui tugas dan aturan dilapangan dan supaya pelaksanaan pilkada aman transparan. Khusus hari Senin 1 angkatan untuk 3 kecamatan yaitu Alam Barajo, Danau Sipin, dan Kota Baru," tuturnya.

Sementara, PJS Walikota Jambi, Muhammad Fauzi, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada anggota satlinmas yang terpilih menjadi petugas TPS pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jambi yang akan dilangsungkan pada 27 Juni nanti.

"Dan juga ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini," katanya.

Beberapa tahun belakangan, lanjutnya, kota ini tumbuh sangat pesat. Aktivitas sosial masyarakat berdenyut selama 24 jam setiap hari. Pembangunan infrastruktur, sarana prasarana perkotaan dan pengembangan pemukiman dan kawasan perumahan meningkat serta menyebar diwilayah kota. Tentunya kondisi ini menjadikan kota yang kita cintai magnet bagi kaum pendatang untuk mengadu nasib dan peruntungannya.

"Dari data registrasi penduduk saat ini, penduduk kota Jambi tercatat lebih dari 730 ribu jiwa. 10 tahun belakangan penduduk kota Jambi rata-rata tumbuh 5,5 persen pertahunnya. Sehingga banyak tantangan yang akan terjadi dan tentunya dampak-dampak sosial lainnya," ujarnya.

Menurutnya, upaya mengantisipasi hal tersebut dengan adanya anggota satlinmas yang bertugas dilingkungannya masing-masing. Sehingga diharapkan linmas dapat berperan dalam deteksi dini terhadap gangguan ancaman dan tantangan pada keamanan lingkungan masyarakat.

Selain itu, Ia juga berharap dalam konteks Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jambi nanti, anggota satlinmas yang ada ditiap TPS akan turut mengsukseskan Pilkada kota Jambi yang damai dan aman.(yen)