Senin, 11 Juni 2018 - 10:20:36 WIB
Fachrori : Jadikan Ramadhan Sebagai Introspeksi Untuk Peningkat Iman
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 111 kali

Mediajambi.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar. M.Hum mengemukakan, bulan suci Ramadhan yang penuh berkah hendaknya dijadikan sebagai momen introspeksi diri dalam menata dan memperbaiki diri serta menumbuhsuburkan jiwa dan semangat beribadah, sebagai peningkat iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT menuju terbentuknya pribadi yang muttaqin. Hal itu disampaikannya saat Safari Ramadhan 1439 H/2018 M bersama Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto,S.Sos dan Keluarga Besar TNI/Polri serta Komponen Masyarakat Jambi, bertempat di Lapangan Makorem 042/Garuda Putih Jambi, Jum'at (08/06/2018).

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan salam hormat dan selamat datang kepada Bapak Mayjend AM.Putranto. S.Sos berserta istri dan rombongan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah," ujar Fachrori.

"Jadikan Ramadhan sebagai media pendidikan dan pembentukan akhlak serta wahana memperbanyak amalia, sehingga semua aktivitas yang dikerjakan jangan dijadikan beban, melainkan kita kerjakan dengan penuh keikhlasan semata mencara ridho Allah SWT," kata Fachrori.

Fachrori mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi dalam pembangunan terus mengupayakan penciptaan iklim yang dapat merangsang kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam membangun daerah sehingga dapat bersaing di pasar global. "Sebagus apapun program dan kebijakan yang dilaksanakan tanpa adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak khususnya TNI dan Polri dalam proses pembangunan dan permasalahannya, tidak akan bisa tercapai," ungkap Fachrori.

"Tantangan kedepan semakin berat dan komplek, kolaborasi antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah sangat diperlukan dalam menghadapi tantantangan intoleransi, radikalisme dan ancaman terorisme, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat dalam kehidupan nyata maupun dunia digital. Penyebaran paham terorisme dan perongrong ideologi negara harus dihentikan," tegas Fachrori.

Fachrori berharap Pangdam II Sriwijaya terus menumbuhkembangkan mental bela negara dan mental persatuan. "Mari kita bersama-sama jaga stabilitas, kondusivitas, perdamaian, kesatuan, dan keamanan di Provinsi Jambi," ajak Fachrori.

 

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Putranto,S.Sos menyampaikan, Jumat (8/6) pagi, dirinya dan rombongan melihat pembangunan pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun, dan dilanjutkan dengan silaturrahmi Safari Ramadhan sebagai pengikat tali persaudaraan khususnya TNI-Polri yang ada di Sumatera Bagian Selatan. “Karena pengertian dan saling mengerti satu sama lain, saya ucapkan terima kasih kepada Kapolda Jambi yang telah menjalin kerja sama yang baik untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat banyak," jelas Pangdam.

“Ada 3 wilayah di Provinsi Jambi akan menghadapi Pilkada, silakan masyarakat memilih sesuai hati nuraninya, siapa yang pantas menjadi pemimpin mereka, berikan rasa aman kepada masyarakat yang akan memilih. Saya minta Prajurit TNI agar melakukan tugas di lapangan secara profesional dan tidak boleh berpihak kepada salah satu calon atau kandidat, ini akan berakibat fatal kepada kalian, sekalipun itu saudara yang ikut Pilkada, kalian harus netral," tegasnya.

Pangdam mengemukakan, untuk menjaga keamanan di daerah-daerah, TNI dan Polri perlu kerjasama dengan masyarakat, pendekatan diri kepada masyarakat sangat diperlukan, terutama untuk mengenal mana masyarakat pendatang baru dan masyarakat setempat. “Untuk itu, saya juga mengimbau untuk menjaga keamanan kita bersama, Siskamling perlu dihidupkan kembali di desa-desa sampai ke kota ini," tutur Pangdam.

Danrem 042/Garuda Putih, Kol.Inf.Dany Budiyanto menyampaikan Safari Ramadhan ini juga sebagaii upaya untuk meningkatkan keakraban TNI dan masyarakat.

"Dalam waktu dekat, ada 3 wilayah di Provinsi Jambi yang akan mengikuti pesta demokrasi, Pilkada serentak yaitu Kabupaten Kerinci, kabupaten Merangin, dan Kota Jambi. Dalam menghadapi Pilkada ini, TNI-Polri dan Pemerintah Daerah telah berkomitmen menjaga stabilitas keamanan bersama, menjaga netralitas, serta menjaga Pilkada agar damai lancar dan aman," sambungnya.

Danrem menambahkan, untuk menyemarakkan semangat Asian Games 2018, Korem 042/Gapu berserta rombongan telah memasang spanduk-spanduk di kabupaten/kota di Provinsi Jambi di tempat yang ramai," pungkasnya.

Dalam kultum yang disampaikan Al-Ustadz Hasbullah dinyatakan, hidup di dunia hanya sementara, perlu meningkatkan silaturrahmi, yang akan menambah pahala dan melaksanakan perintah Allah sebagai bekal hidup di akhirat yang abadi.

Turut serta pada kesempatan tersebut, Kapolda Jambi, Muklis,AS, Kepala OJK Wilayah Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, para bupati/walikota se Provinsi Jambi, para OPD Pemerintah Provinsi Jambi, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan para undangan lainnya. (mas)