Senin, 11 Juni 2018 - 18:49:04 WIB
Budidaya: Harga Kebutuhan Pokok Masih Relatif Stabil
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 73 kali

Mediajambi.com- Harga kebutuhan sehari hari atau sembako di pasar Angso Duo Kota Jambi masih relatif stabil. Ada beberapa terjadi kenaikan harga, namun hal tersebut masih dikatakan stabil karena tidak naik secara drastis. Hanya saja untuk harga daging sapi saat ini sudah mencapai Rp 130ribu/kg dimana sebelumnya hanya Rp 120ribu/kg.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Kota Jambi Budidaya saat melaksanaan sidak harga sembako ke Pasar Angso Duo Kota Jambi, Senin (11/6). Dikatakan Budidaya berdasarkan sidak yang juga diikuti oleh Disperindag,  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Bulog dan Tim satgas pangan bahwa dari hasil sidak, diketahui harga sembako masih relatif stabil. Mulai dari harga cabai, bawang, daging ayam, daging sapi, telur dan beberapa kebutuhan lainnya.

“Saat ini masih stabil. Adapun beberapa yang naik tapi masih dalam batas wajar. Untuk beberapa komuditi, mungkin masih akan ada mengalami kenaikan harga seperti daging ayam. Saat ini daging ayam mencapai Rp 35ribu, bisa jadi masih mengalami kenaikan. Namun naiknya tidak akan terlalu tinggi karena sudah ada ketentuan harga HET nya oleh tim satgas pangan,”jelasnya.

Sedangkan untuk harga lainnya seperti cabai saat ini mencapai Rp 34ribu, bawang merah Rp 20ribu hingga Rp 23ribu, daging sapi Rp 130ribu, ayam Rp 35ribu, telur Rp 1300/butir. “Untuk daging sudah mengalami kenaikan Rp 10ribu menjadi Rp 130ribu. Namun kita prediksi harga ini tidak akan naik lagi karenakan stok daging kita banyak. Ditambah dengan stok daging beku,”bebernya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Komari, Kepala Disperindag Kota Jambi bahwa hingga saat ini harga sembako masih stabil. Untuk stok sembako juga masih banyak dan tersedia dengan baik. “Saat ini ketersediaan bahan sembako cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga lebaran nanti. Juga untuk harga masih tergolong stabil dan adapun yang naik, tidak terlalu signifikan,”ujarnya.

Ditambahkan Damiri, Kepala Dinas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi bahwa untuk stok daging sendiri juga sudah aman hingga H-1 lebaran. Baik untuk daging segar dari para petani, maupun daging beku. “Untuk daging juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga H-1 nanti. Kita ada daging beku dan juga daging segar dari petani langsung,”jelasnya.

Sementara itu menurut Bachtiar, Kepala Bulog Jambi bahwa untuk stok sembako seperti beras,tepung, gula, hingga daging untuk lebaran Idul Fitri tahun ini dinyatakan cukup. Bahkan sembako seperti beras dan gula masih cukup hingga 4 bulan kedepan. “Intinya untuk sembako itu sangat cukup. Sedangkan untuk daging, kita sediakan daging beku hingga 8 ton hingga lebaran nanti. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,”bebernya. (Yen)