Selasa, 03 Juli 2018 - 15:47:14 WIB
Asian Agri Serahkan Insentif Dana Desa Bebas Api
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Pertanian - Dibaca: 59 kali

Mediajambi.com - Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit  memberikan insentif dana bagi lima dari tujuh desa bebas api di Jambi. Bantuan sebesar

 Rp 100 juta per desa itu wujud apresiasi perusahan atas keberhasilan desa mencegah kebakaran hutan dan lahan di lingkungan desanya. Penyerahan penghargaan Desa bebas api dilakukan bersamaan dengan Halalbihalal bersama Insan Pers Jambi di Rumah Kito, Selasa (3/7). 

Sekaligus dilakukan penandatanganan MOu Program Desa Bebas Api periode ke dua tahun 2018/2019  untuk dua desa di Riau dan 5 desa di Jambi. Serta periode ke tiga, untuk 7 desa di Riau dan 2 desa di Jambi. 

Penghargaan atau Insentif dana yang diberikan  diharapkan bisa menumbuhkan semangat bagi desa desa binaan dan  digunakan untuk melengkapi peralatan pencegahan kebakaran dan keperluan masyarakat luas.  

Ke tujuh desa Bebas Api binaan Asian Agri diantaranya, Desa Lubuk Bernai, Desa Lubuk Lawas, Tuo Sumay, Desa Teriti, Desa Muaro Sekalo, Desa Suo Suo, dan Desa Semambu.

Sebelumnya ke tujuh desa itu, mengalami kebakaran periode Juni 2016-Juni 2017 mencapai  areal seluas 346 hektar.

Menurut Manajer Sustainability Operation Asian Agri, Zulbahri,  program Desa Bebas Api efektif mencegah dan mengatasi kebakaran hutan. 

"Selama setahun terakhir bisa menyisakan sekitar 11 hektar yang terbakar,  yaitu di Desa Semambu dan Lubuk Bernai yang diindikasikan akibat aktivitas pembukaan lahan," jelasnya.(lin)