Jumat, 06 Juli 2018 - 10:39:48 WIB
Fachrori Himbau Masyarakat Tingkatkan Daya Saing
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 136 kali

Mediajambi.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, mengimbau masyarakat untuk terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing, salah satunya melalui pendidikan formal, karena dengan pendidikan bisa membekali diri baik dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun dari sisi karakter. Hal tersebut dikemukakannya saat Menghadiri Ujian Disertasi Program Doktor Ilmu Hukum Abd. Hamid Pulungan, NIM. P3B114028 Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Jambi, bertempat di Ruang Senat Gedung Rektor Lantai III, Universitas Jambi Kampus Mendalo, Kamis (05/07/2018).

Terkait dengan peningkatan daya saing dan kompetensi melalui pendidikan formal tersebut, Fachrori mengajak masyarakat Provinsi Jambi untuk melanjutkan kuliah di Universitas Jambi, karena mutu pendidikan sudah semakin meningkat.

"Saya mengucapkan selamat kepada Doktor Abd.Hamid Pulungan, yang telah berjuang kuliah meraih gelar doktornya. Kami ini dulunya sama-sama di pengadilan agama, sekarang beliau Wakil Pengadilan Agama Bengkulu, kuliah di Unja ini, artinya lulusan Unja tidak kalah dengan universitas lain yang ada di Indonesia ini," ujar Fachrori.

Fachrori juga mengajak seluruh masyarakat Jambi untuk tidak meragukan lagi lulusan Unja, karena lulusannya sudah banyak berkerja di seluruh Indonesia. "Saya mengimbau masyarakat untuk melanjutkan kuliahnya di Unja, karena mutu pendidikannya sudah semakin baik,” ajak Fachrori.

Abd. Hamid Pulungan resmi mendapatkan gelar Doktor setelah menyelesaikan ujian sidang terbuka promosi Doktor Ilmu Hukum. Gelar doktor yang didapatkan Abd. Hamid Pulungan dengan disertasi berjudul Kewenagan Pengadilan Agama dalam Eksekusi Hak Tanggungan Akad Mudharabah pada Perbankan Syariah.

Tim penguji disertasi diketuai oleh Rektor Unja, Prof. Johni Najwan, SH,MH,Ph.D, Sekretaris Prof.Dr.Ir.Hj. Anis Tatik Maryani,MP, Penguji Utama, Prof.Dr. Drs. Abd. Somad, SH, MH, Penguji, Prof. Dr. M. Hadi Subhan, SH, MH, CN, Penguji, Prof.Dr.Elita Rahmi,SH,MH. Penguji, Dr.H.Usman,SH,MH Penguji, Dr.Helmi, SH,MH, Penguji, Prof.Dr.Sukamto Satoto,SH,MH, Promotor, Prof.Dr.Bahder Johan Nasution,SH,M.Hum Co-Promotor.

Abd. Hamid Pulungan lahir di desa Simpage 5 Juli 1958, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, sekolah dasar tahun 1970, masuk madrasah Ibtidayah di desa kelahirannya, masuk pondok pesantren Madrasah Mustafawiyah tahun 1972 dan tamat tahun 1978, selanjutnya melanjutkan pendidikan di IAIN sekarang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Syariah tahun 1980 dan selesai tahun 1985. Pada tahun 1997 melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum dan tamat Tahun 2000. Lalu pada tahun 2002 mengikuti pendidikan S2 di Universitas Muhammdiayah Jakarta Fakultas Hukum program studi Konsentrasi Ilmu Hukum dan tamat tahun 2004. Pada tahun 2015 melanjutkan pendidikan S3 Program Doktor Pada Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Usai menghadiri ujian Disertasi Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Jambi, Fachrori meninjau Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Provinsi Jambi. Kedatangan Plt. Gubernur Jambi disambut oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Provinsi Jambi Nurfajri. 

Pada kesempatan tersebut, Fachrori memberikan nasehat kepada seluruh ASN untuk berkerja lebih giat dan berhati-hati. "Berkerjalah sesuai dengan aturan, banyak sumber daya alam yang perlu kita kelola dengan baik, contohnya irigasi bisa kita jadikan sumber tenaga listrik. Jambi masih kaya dengan sumber alam, mari kita bersama-sama berkerja dengan sebaik mukin," tutur Fachrori. (mas)