Senin, 09 Juli 2018 - 09:48:15 WIB
Pemkot Jambi Jadi Pilot Project Pengolahan Limbah Tinja
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 99 kali

Mediajambi.com -Pemerintah Kota Jambi akan dijadikan pilot project, pembangunan Instalasi pengolahan limbah tinja. Pembangunan sudah mulai dikerjakan dengan mematangkan lahan.

Pemerintah Kota Jambi hanya diminta menyiapkan lahan. Project Pemerintah pusat tersebut menggunakan dana bantuan dari luar negeri senilai lebih kurang Rp400 M.

Kepala Bidang Cipta Karya, Momon mengatakan, Pemerintah Kota Jambi sudah menyiapkan lahan seluas 6 hektare di kawasan Sijenjang. Lahan tersebut terlebih dahulu harus ditimbun. Untuk penimbunan merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Jambi.

“2017 Pemkot menganggarkan Rp5 M untuk penimbunan lahan tersebut. Memang belum bisa menimbun semuanya,” kata Momon.

Pekerjaan akan dilanjutkan pada APBD-P 2018 ini, jika tersedia anggarannya. Namun jika tidak tersedia akan dilanjutkan pada anggaran tahun 2019. Di mana diperkirakan untuk pematangan lahan dibutuhkan di butuhkan anggaran sekitar Rp 20 miliar.

"Kita baru anggarkan Rp5 miliar tahun lalu, jadi masih kurang Rp15 miliar lagi," katanya.

 Instalasi pengolahan limbah tinja itu dibuat terpadu. Ada dua kemacatan yang menjadi sasaran, yakni Kecamatan Pasar dan Jambi Timur.

“Targetnya 10 ribu KK. Itu pasti akan dibangun, jika lahannya sudah disiapkan Pemkot,” imbuhnya.

Lebih lanjut Momon menyebutkan, pekerjaan bertahap akan dilakukan selama 5 tahun. Untuk pemanfaatan limbah tinja tersebut belum ada rencana lanjutan. “Belum ada rencana lanjutnya seperti apa. Nanti terpadu, dari rumah masyarakat pipanya langsung ke instalasi pengolahan limbah tinja,” jelasnya.

Saat ini pemerintah sudah mempersiapan sejumlah dokumen. Seperti penyiapan sertifikat tanah dan lainnya. “Anggaran untuk pematangan lahan Rp 5 M dikerjakan Cipta Karya Dinas PUPR Kota Jambi,” tuturnya.

Rencana pembangunan tersebut sudah ada sejak 2016 lalu. Setelah pembangunan nantinya selesai, akan dilakukan sosialisi kepada masyarakat. (Yen)