Senin, 23 Juli 2018 - 07:31:54 WIB
Berbenah Menuju Kampung Bantar 2018
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 174 kali

WAJAH-wajah kawasan perumahan masyarakat kini mulai dipercantik. Menjelang penilaian kampung Bersih, Aman, dan Pintar (Bantar) tingkat Kota Jambi 2018, sejumlah kawasan yang masuk nominasi terus berbenah. Tak ketinggalan RT 49 , Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru Jambi yang masuk dalam nominasi tersebut.

Warga bersama pengurus Rukun Tetangga (RT) bahu-membahu memaksimalkan kebersihan, keamanan serta kenyamanan warga. Kegiatan ini dilakukan sejak dilakukan pemekaran dan membenahi, dengan gotong royong rutin setiap hari Minggu hingga menghias taman toga agar terlihat indah. Tak ketinggalan melakukan ronda malam demi menjaga keamanan kampung. “Kita masuk nominasi Kampung Bantar untuk Kecamatan Kota Baru Jambi dan berharap bisa menjadi juara dan mewakili Provinsi Jambi. Ini berkat kekompakan warga demi kemajuan,” ujar Ketua RT 49 H Suparyono.
Diceritakannya RT 49 sebenarnya baru berdiri setahun lalu merupakan pecahan dari RT 25. Namun usia yang masih seumur jagung ini telah menoreh berbagai prestasi ditingkat Kota Jambi. Seperti menjadi juara karnaval mobil hias menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438/2017 lalu.
Kemudian juara Pos Kampling terbaik tingkat Kecamatan Kota Baru dan saat ini masuk nominasi kampung Bantar 2018 tingkat Kota Jambi. Kuncinya menurut Suparyono kekompakan warga, baik dalam bergotong royong membersihkan lingkungan maupun ronda malam. "Warga bisa hidup harmoni dengan lingkungannya, membangun kebersamaan di antara perbedaan yang ada. Alhamdulillah dari 115 Kepala Keluarga (KK) semuanya kompak sehingga tidak sulit untuk menggerakan warga,” ucapnya.
Menurutnya dengan kekompakan warga ini dibuktikan dengan berhasil membangun sebuah gapura megah yang berdiri kokoh di pintu masuk kawasan RT 49, Kelurahan Kenali Asam Bawah dibangun dengan swadaya dari seluruh warga. Sehingga orang yang akan berkunjung ke RT 49 tidak mengalami kesulitan mencari lokasi, karena telah monument sebagai petunjuk.
Selain itu untuk administrasi dalam melayani keperluan warga pihaknya menyiapkan orang untuk menjaga kantor. Tujuannya tidak lain memberi palayanan yang cepat kepada warga yang membutuhkannya. “Kita punya kantor RT yang didalamnya tersedia komputer beserta operatornya yang buka setiap hari. Juga memiliki perpustakaan RT yang memiliki ratusan koleksi buku,” ucapnya.
Kemudian warga bersama pengurus RT membangun taman toga yang memanfaatkan tanah kosong di depan Kantor RT 49. Taman tersebut selain ditanami obat-obatan (Toga) juga dibangun jalan pedestrian yang dicat warna-warni dihiasi dengan air mancur sehingga indah dipandang mata. “Lokasi ini dulu merupakan tempat pembuangan sampah, kini kita sulap menjadi taman Toga. Juga bisa dijadikan alternativ wisata,” ujar Suparyono.
Tak hanya itu ditembok dinding sepanjang sekitar 20 meter dilukis sebuah animasi yang sangat menarik. Disebelah kanan dilukis seekor binatang langka Dinosaurus raksasa dengan mulut menganga dan beberapa ekor burung terbang kesana-kemari di sebuah taman. Sedangkan disebelah kiri terdapat lukisan Walikota Jambi H Syarif Fasha dengan semboyan Pelopor Kampung Bantar Kota Jambi Terkini Menuju Jambi Cerdas. Menuju Bantar yang berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). (mas)