Rabu, 08 Agustus 2018 - 08:26:23 WIB
Sekda Provinsi Jambi Pastikan Hibah KONI Cair
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Olahraga - Dibaca: 39 kali

Mediajambi.com - Sekda Provinsi Jambi HM Dianto memastikan dana hibah untuk Provinsi Jambi cair pada APBD Perubahan. Hal ini diungkapkannya saat menerima kunjungan Pengurus KONI Provinsi Jambi yang juga Panitia Besar (PB) Porprov XX/2018, di Kantor Badan Keungan Daerah, Senin 6 Agustus 2018 lalu.

“Hibah untuk KONI Provinsi Jambi akan segera cair pada APBD Perubahan. Hal ini disebabkan pada APBD Murni semua dokumen hibah belum ditanda tangani Pejabat Sekda H Erwan Malik yang keburu ditangkap KPK,” jelasnya.

Menurutnya Pemprov Jambi 2018 ini juga masih mengalami devisit anggaran sebesar Rp93 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membayar Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang sampai saat ini belum dibayarkan. “Kita bukan tidak peduli dengan olahraga, tapi anggaran yang dimiliki pemerintah saat ini sangat minim,” ucapnya.

Untuk itu dia berharap kepada Pengurus KONI Provinsi Jambi jangan terlalu banyak berharap terhadap dukungan anggaran dari Pemprov. “Untuk tahun 2018, dokumen hibah sudah ditandatangani dan akan segera cair, tapi anggaran 2019,” tandasnya.

 Ketua KONI Provinsi Jambi yang juga Ketua Panitia Besar Porprov XXII/2018 H Indra Armendaris menyampaikan bahwa anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan Porprov XXII/2018 sebesar Rp2 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai 31 cabang olahraga dan non cabang olahraga. “Anggaran sangat minim sekali, tapi semangat kawan-kawan KONI kabupaten/kota mendorong Porprov harus dilaksanakan,” ujar Indra.

Diambil alihnya kegiatan Porprov 2018 oleh KONI Provinsi Jambi ini disebabkan Kabupaten Bungo dan Tebo yang awalnya bersedia menjadi tuan rumah bersama tidak sanggup dan mengundurkan diri.

Saar ini kata Indra seluruh cabor telah mempersiapkan diri. Venue telah siap dimasing-masing Pengprov Cabor yang ada di Kota Jambi. Namun ada beberapa cabor yang dipertandingkan diluar kota seperti Arung Jeram di Sungai Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Volley Ball di Muaro dan Panjat Tebing di Muaro Bulian.

Ada juga pertandingan di Muarojambi Petang, Takraw dan Panahan selebihan di Kota Jambi. "Semua cabor yang memiliki Venue di Kota Jambi. Sepak bola, kempo dan yudho mendahului pertandingan," ucapnya.

Selanjutnya acara Pembukaan Porprov XXII/2018 dilaksanakan di Stadion Koni Tri Lomba Juang tanggal 18 November 2018 Sore dan penutupan juga ditempat yang sama pada tanggal 25 Agustus 2018. Namun pelaksanaan sangat sederhana. Sedangkan nomor yang dipertandingan adalah orientasinya PON XX/2020 Papua.(mas)